Petani Karet Keluhkan Jalan Rusak - Kanal Kalimantan
Connect with us

HEADLINE

Petani Karet Keluhkan Jalan Rusak

Diterbitkan

pada

KARANG INTAN – Tidak seperti jalan di desa lain yang berada di luar kawasan Tahura Mandiangin yang sudah permanen aspal seperti, Desa Bi’ih, Desa Lihung, Desa Penyambaran dan desa-desa yang termasuk di Kecamatan Karang Intan. Tak terkecuali Desa Kiram yang masuk dalam kawasan Tahura sampai saat ini masih “menikmati” jalan yang “bergelombang”.

Bagaimana tidak, jalan sepanjang kurang lebih 4,5 km yang diukur berdasarkan speedometer kendaraan bermotor milik wartawan koran ini, terdapat sekitar 43 lubang  yang digenangi oleh air bekas hujan. Kemudian, sekitar 10 tahun yang lalu jalan tersebut juga sempat di isi pengerasan. Akan tetapi, menurut salah seorang masyarakat setempat yang namanya tidak mau dicantumkan mengatakan, karena sering dilalui oleh trak pengangkut batu, pengerasan tersebut akhirnya berubah kembali menjadi jalan yang kurang nyaman.

“Kami hakun lewat Cempaka di Banjarbaru amun handak ke kota, nyata jalannya nyaman,” cetusnya.

Dia juga menambahkan, bertahun-tahun masyarakat yang bermata pencaharian sebagai petani karet itu harus melintasi jalan rusak untuk mengangkut karet-karet mereka. Selain itu sambungnya, sangat berharap kepada instansi pemerintah yang bersangkutan untuk mendengarkan keluh kesah warganya selama ini. “Tolong perbaiki jalan kami warga Desa Kiram,” harapnya.

Berdasarkan pemantauan Koran Banjar, jalan tersebut terdiri dari tanah liat berwarna jingga berbentuk butir- butir bulat dan mempunyai permukaan yang licin. Besar butir- butir tanah liat tersebut antara 1 µ dan 5 µ. Gaya Adhesi tanah liat terhadap air tidak seberapa besar. Lalu, batuan gunung berwarna biru keabu-abuan yang menjadi lapisan teratas pada jalan tersebut. terdapat juga sebagian kecil batu-batu kerikil berwarna putih sepanjang kurang lebih 500 m.

Sementara itu, Kepala Balai Tahura Sultan Adam Mandiangin selaku pemilik kawasan Konservasi, Sri Wuriyati, tidak bisa dikonfirmasi terkait dengan hak perbaikan jalan rusak di Desa Kiram Kecamatan karang Intan. (Ramadhani MTD)

Bagikan berita ini!
Advertisement
Komentar

Headline

Trending Selama Sepekan