Penjual Kayu Bakar Sepi Pembeli - Kanal Kalimantan
Connect with us

Ekonomi

Penjual Kayu Bakar Sepi Pembeli

Diterbitkan

pada

MARTAPURA – Dengan maraknya tabung gas isi 3 kilogram yang harganya terjangkau bagi masyarakat, ternyata masih ada penjual kayu bakar yang masih bertahan dan bersaing dengan gas. Salah satunya Astani Warga Desa Tambak Baru Ilir RT.02, ia masih bertahan menjual kayu bakar di samping rumahnya, ditengah ramainya masyarakat memakai gas untuk keperluan masak-memasak.

Astani tidak mencari sendiri kayu bakar yang dijualnya, namun membeli kayu yang belum dipecah kecil-kecil dari para petani karet yang karet miliknya dianggap sudah tua dan ingin menggantinya.

Saat ini, ia sangat merasakan pengurangan omset lantaran ada gas yang tabungnya berukuran kecil dan harganya pun cukup terjangkau oleh masyarakat.

“Tetapi untungnya, ada juga masyarakat yang masih belum berani memakai gas untuk keperluan memasak dikarenakan takut akan meledak, maka mereka sekarang sebagian kecilnya masih memakai kayu bakar untuk keperluan memasak sehari-hari,” terang Astani.

Ia menceritakan, kalau dulu penjualan kayu bakar ini sangat ramai, sampai-sampai sehari bisa laku dari 30 sampai 40 ikat perharinya. Dalam satu ikat berisi kira- kira 30 sampai 35 batang kayu kecil yaitu dipatok dengan harga RP.4000 per ikat.

“Untuk sekarang perhari hanya bisa laku sampai sepuluh ikat, kalau dulu bisa laku 20 sampai 30 ikat perharinya,” ujar Astani dengan nada sedikit kecewa.

Ia mengaku jual kayu bakar ini hanya kerjaan sampingannya untuk mengisi waktu luang yang dimilikinya. (ham)

Bagikan berita ini!
Advertisement
Komentar

Headline

Trending Selama Sepekan