Penggunaan Gadget di Sekolah Harus Bermanfaat - Kanal Kalimantan
Connect with us

Lifestyle

Penggunaan Gadget di Sekolah Harus Bermanfaat

Diterbitkan

pada

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini telah berkembang sangat pesat. Tidak bisa kita pungkiri, dengan perkembangan itu kita bisa terbantu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari (misal penggunaan gadget / smartphone untuk mendukung komunikasi dan interaksi antar sesama manusia).

Menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan terknologi itu, SMKN 1 Martapura, dalam hal ini Jurusan TKJ telah menerapkan kurikulum pembelajaran baru.

Guru Produktif TKJ SMKN 1 Martapura, H Erfan Ramadhani, S.Kom menyampaikan, sekolah-sekolah sudah menerapkan kurikulum K13.

”Hal itu untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi sekarang, dimana perkembangan ilmu maupun materi pembelajarannya sudah menyesuaikan perkembangan teknologi itu sendiri,” ujar Erfan.

Untuk kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) bisa dilihat dengan adanya materi pembelajaran mengenai laptop dan smartphone, dimana yang dulunya hanya membahas Personal Computer (PC).

”Sekarang ada materi yang membahas masalah media transmisi Fiber Optik (FO) secara lebih mendalam,” lanjut pria lulusan Sistem Informasi STMIK Banjarbaru ini.

Penggunaan gadget oleh para siswa dengan kompetensi keahlian TKJ sangat berhubungan. Pasalnya di jurusan ini para siswa akan diberikan materi pembelajaran mengenai seluk beluk teknologi jaringan yang ada pada smartphone maupun gadget lainnya. Kurikulum K13 secara umum menuntut para siswa untuk lebih aktif, ada kalanya siswa diizinkan untuk browsing guna memperdalam materi. Baik browsing menggunakan smartphone ataupun laptop.

Membahas mengenai temuan aplikasi smartphone / gadget apa saja yang telah ditemukan oleh siswa jurusan TKJ, Erfan mengaku cukup sulit untuk direalisasikan. Pasalnya, untuk pembuatan aplikasi itu sendiri merupakan kompetensi keahlian dari RPL (Rekayasa Perangkat Lunak).

”Tapi untuk inovasi yang dilakukan terhadap penerapan kompetensi keahlian TKJ, silakan dilihat langsung di laboratorium TKJ yang ada di sekolah kami,” tukas guru yang mempunyai hobi bermain basket dan merakit Gundam Plastic Model ini.

Di jurusan TKJ para siswa akan diberikan materi pembelajaran mengenai seluk beluk teknologi jaringan yang ada pada smartphone maupun gadget lainnya.

Secara umum, jurusan TKJ mempelajari mengenai komputer dan jaringannya. Mulai dari bagaimana merakit sebuah Personal Computer (PC), membangun suatu jaringan komputer, mengatur pengalamatan IP pada jaringan, melakukan administrasi server jaringan hingga bagaimana menerapkan ilmu-ilmu TKJ pada dunia wirausaha.

”Pekerjaan atau kalau nanti mau berwirausaha yang cocok dengan TKJ adalah yang berkaitan dengan IT. Tentunya bisa dibagian jaringannya atau dibagian komputer, menyesuaikan dengan skill yang dimiliki (misal menjadi admin jaringan atau teknisi IT, red),” terang pria kelahiran 21 Mei 1986 ini.

Disisi lain, penggunaan smartphone / gadget terkait dengan TKJ sangatlah penting, walaupun belum ada aplikasi jaringan khusus yang dihasilkan oleh siswa. Terlebih aplikasi simulasi jaringan yang sudah tertanam dalam smartphone / gadget lebih memudahkan siswa untuk penggunaannya. Sehingga siswa tidak harus menggunakan PC atau laptop saja.

Meskipun belum ‘menghasilkan’ suatu penemuan aplikasi jaringan, jurusan TKJ di SMKN 1 Martapura tidak boleh dipandang sebelah mata saja. Beberapa tahun yang lalu, prestasi yang berhasil diraih oleh siswa jurusan TKJ yaitu Peringkat 3 LKS Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dan juga prestasi-prestasi lainnya di ”Selebihnya seperti di Paskibra, bergabung dengan siswa dari kompetensi keahlian lain,” katanya singkat.

siswa jurusan TKJ yaitu Peringkat 3 LKS Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan

Sebagai guru yang memiliki tanggung jawab dalam memberikan ilmu-ilmu pembelajaran, Erfan sangat berharap mereka (siswa jurusan TKJ) mampu menerapkan, mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu yang telah mereka peroleh selama mengenyam pendidikan di SMK.

”Saya juga mengharapkan mereka bisa membuka lapangan pekerjaan / usaha sendiri, tanpa harus terpaku mencari pekerjaan di badan usaha / industri atau perusahaan. Bagi mereka yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi (perkuliahan), semoga jurusan yang mereka ambil kelanjutan atau ada hubungannya dengan TKJ itu sendiri. Minimal berkaitan dengan IT,” tutur pria yang dikenal ramah dan berwibawa ini.

Bagikan berita ini!
Advertisement
Komentar

Headline

Trending Selama Sepekan