Kloter I Jemaah Haji Kalsel Tiba 9 September - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kanal

Kloter I Jemaah Haji Kalsel Tiba 9 September

Diterbitkan

pada

BANJARBARU – Kloter I jemaah haji asal Kalsel dijadwalkan tiba di debarkasi Banjarmasin pada tanggal 9 September 2017. Sebelumnya jemaah haji yang berangkat terdiri dari 12 kloter asal Kalsel dan 5 kloter asal Kalimantan Tengah.

Kepala Kementerian Agama Provinsi Kalsel, H Noorfahmi mengatakan, rencana penyambutan jemaah haji akan dilakukan oleh daerah masing-masing. Namun tentunya, terlebih dulu dilakukan pengecekan kesehatan untuk mengetahui kondisi pasca dari tanah suci.

Noorfahmi menambahkan, sat ini terdapat 5 orang jemaah asal Kalsel yang meninggal dunia dan 2 orang jemaah dari Kalteng.

”Tambahan korban meninggal untuk Kalsel kami dapatkan dari kabar tadi pagi (kemarin),” ujarnya.

Untuk faktor maupun penyebab, adalah kondisi fisik dan aktivitas yang menguras tenaga selama ibadah haji. Selain itu adanya penyakit bawaan dari jemaah seperti halnya jantung. Rata-rata usia tua 60 ke atas yang meninggal dunia. Selain itu, usia 48 tahun ada yang meninggal dunia. Untuk kloter III ada 3 orang meninggal dan kloter 6 berjumlah 1 orang, dan kloter 17 ada 1 orang.

Salah satu jemaah haji yang meninggal Senin (4/9/17) kemarin, berasal dari Kabupaten Tapin Muhammad Zaini Antar (62). Ia meninggal di Mina pada pukul 01.35 waktu setempat. Zaini yang tergabung dalam kloter 17 Embarkasi Banjarmasin, sebelum meninggal mewakilkan untuk melontar jumroh kepada ketua rombongan dan berpesan agar dicarikan kursi roda untuk melaksanakan tawaf ifadah dan sa’i.

Ditambahkannya menurut informasi dari tim kesehatan, penyebab meninggalnya jemaah tersebut disebabkan adanya masalah jantung serta faktor kelelahan yang mana sebelumnya jamaah haji sibuk mengikuti prosesi wukuf di Arafah, Mabit di Musdalifah, melontar jumrah aqobah dan mabit di Mina.

Selain itu, jemaah yang meninggal juga berasal dari HSS sebanyak 3 orang dan Kandangan 1 orang. Total jumlah jemaah haji asal Kalsel yang berangkat sebanyak 3.831 orang.

Bagikan berita ini!
Advertisement
Komentar

Headline

Trending Selama Sepekan