Kerajinan Tarbang Desa Keramat - Kanal Kalimantan
Connect with us

Ekonomi

Kerajinan Tarbang Desa Keramat

MARTAPURA TIMUR – Meski saat ini mengalami kendala disektor penjualan, kerajinan tangan Tarbang menjadi salah satu kerajinan khas Kota Martapura yang masih lestari hingga kini. Tidak hanya mampu bersaing dengan Tarbang buatan luar Kalimantan, tarbang khas martapura juga lebih dikenal karena kualitas suara yang dihasilkannya.

Bagikan berita ini!

Diterbitkan

pada

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Sekilas tak ada yang berbeda dengan puluhan tarbang yang dipajang dirumah almarhum Sayuti.yang dimasa hidupnya dikenal sebagai salah seorang pengrajin alat musik tarbang asal Kota Martapura. Kalau dilihat lebih detil, ternyata tarbang ini memiliki perbedaan, meski dari segi penampilan kalah dibandingkan tarbang buatan Jepara yang memang memiliki keunggulan khususnya ukiran pada sisi tarbang dan warna kulit kambing yang melekat pada mulut tarbang berwarna putih bersih.namun bagi sebagian warga, tarbang asli buatan Martapura lebih dikenal karena kualitas suara yang dihasilkannya.

Hanafi, seorang karyawan yang masih tekun melanjutkan usaha kerajinan tarbang almarhum Sayuti menyatakan, untuk menghasilkan kualitas suara yang baik dari tarbang tersebut, biasanya menggunakan pohon kayu nangka sebagai bahan dasar pembuatan tarbang.

Kayu nangka awalnya di beri garis membentuk lingkaran dan dilubangi pada bagian tengahnya, jika kayu telah berbentuk lingkaran dan dihaluskan menggunakan amplas.

“Baru pemasangan kulit kambing pada mulut tarbang dilakukan. Adapun kulit kambing tersebut sebelumnya dipastikan sudah maksimal kering, nah disinilah saat pemasangan kulit ini, rahasia membuat suara yang bagus di lakukan,” terangnya.

Sebelum dijual, biasanya para pengrajin akan mencoba tarbangnya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kualitas tarbang yang nantinya akan dipasarkan. Masalah harga, harga tarbang buatan pengrajin Martapura ucap Hanafi, tak berbeda jauh dengan tarbang buatan luar Kalimantan.

“Harga satu buah tarbang berkisar antara ratusan hingga jutaan rupiah, tergantung besar dan kecilnya tarbang,” terangnya.

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Bagikan berita ini!
Advertisement
Komentar

Headline

Trending Selama Sepekan