Kemarau Sudah Mulai Terasa - Kanal Kalimantan
Connect with us

HEADLINE

Kemarau Sudah Mulai Terasa

Diterbitkan

pada

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

KOTABARU – Akhirnya musim kemarau kembali dirasakan oleh masyarakat, tentunya hal tersebut menjadi permasalahan ketika pemenuhan akan air bersih mulai dirasa sulit didapat. Khusus di Kabupaten Kotabaru sengatan panas matahari tidak seperti biasanya sudah mulai dapat dirasakan.

“Berapa hari ini bisa kita rasakan kondisi di Kotabaru, pada siang hari panasnya terasa menyengat dan pada malam hari hawa dingin tidak seperti biasanya dan dari pemikiran saya orang awam, ini sudah mulai kemarau,” ungkap Yohar salah satu warga Saijaan saat dimintai tanggapan secara langsung.

Dikonfirmasi Rabu (06/09), Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah kerja Kabupaten Kotabaru, Cucu Kusmayancu menerangkan bahwa, berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG musim kemarau khususnya di Kabupaten Kotabaru sudah mulai masuk sejak pertengahan bulan Agustus 2017 lalu.

Akan tetapi memang, sesekali hujan turun namun dalam intensitas rendah atau dibawah standar yang ada.

“Alhamdulillah, meskipun kemarau sudah mulai pertengahan Agustus lalu karena masih ada hujan sehingga masyarakat Kotabaru masih merasa sejuk,” terang Cucu.

Dikatakannya lebih jauh, musim kemarau dapat dilihat dari curah hujan dibawah standar atau kurang dari 50 mm, dalam artian dalam 2 dasarian curah hujan selalu berada di bawah angka yang ditetapkan.

“Misalkan saja pada dasarian pertama ada hujan yang turun namun dibawah standar kemudian begitu juga pada dasarian kedua dengan kondisi yang sama maka itu masuk musim kemarau. Apabila dalam dua dasarian tersebut curah hujan yang turun melebihi dari 50 mm maka itu masuk musim hujan,” jelasnya.

Masih kata dia, prakiraan tersebut tepat dan sesuai dengan yang dikeluarkan oleh stasiun Klimatologi Banjar Baru, dan berdasarkan perkiraan musim kemarau akan berlangsung hingga bulan Oktober 2017 di Kotabaru.

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Bagikan berita ini!
Advertisement
Komentar

Headline

Trending Selama Sepekan