Kas Daerah Kempis, Tunjangan Dewan Naik 30 Persen! - Kanal Kalimantan
Connect with us

HEADLINE

Kas Daerah Kempis, Tunjangan Dewan Naik 30 Persen!

Diterbitkan

pada

MARTAPURA – Beban APBD Kabupaten Banjar untuk tahun anggaran 2018 dipastikan bertambah. Dua item baru bakal menjadi tanggungan yang harus dipikul pemkab ditengah pemangkasan anggaran dari pemerintah pusat. Beban keuangan baru itu adalah dana partai politik serta kenaikan tunjungan dewan. Parahnya, besaran kenaikan gaji dewan diwacanakan naik hingga 30 persen!

Usulan kenaikan tunjangan dan tambahan bantuan keuangan untuk parpol seolah diajukan pada waktu yang tak pas. Saat kondisi keuangan daerah sedang tidak sehat akibat berkurangnya kucuran dana transfer APBN. Di tengah kempisnya keuangan daerah itu bahkan hampir semua Satuan Oganisasi Perangkat Daerah (SOPD) melakukan pengiritan anggaran. Termasuk untuk Dinas Kesehatan yang pasrah anggarannya disunat Rp 5,2 miliar.

Baca: Anggaran Kesehatan Terpangkas Rp 5,2 Miliar, Red.

Untuk diketahui, Peraturan Pemerintah (PP) 18/2017 tentang Hak Keuangan dan Hak Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD menjadi angin segar bagi para wakil rakyat di daerah. Karena disebutkan dalam PP pengganti regulasi sebelumnya, PP 24/2004, adanya kenaikan penghasilan dari beberapa item tunjangan.

Tak lama setelah PP diundangkan pada akhir Mei 2017, DPRD Kabupaten Banjar langsung menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang saat ini sudah disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

“Namun berapa besarannya belum dapat diketahui karena prosesnya masih di Bagian Hukum Setda Banjar untuk diteruskan ke provinsi. Setelah itu, baru akan ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Banjar,” ujar Iberahim G Intan, Sekretaris DPRD Kabupaten Banjar.

Di Peraturan Bupati (Perbup) Banjar itu, baru akan diketahui besaran kenaikan tunjangannya. “Yang pasti kenaikan tunjangan untuk anggota DPRD kabupaten harus di bawah tunjangan DPRD provinsi,” kata Intan.
Sementara itu Andin Sofyannor, Ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRD Kabupaten Banjar yang sempat dikonfirmasi terkait hal itu menyampaikan, estimasi kenaikan tunjangan anggota DPRD Kabupaten Banjar sebesar 30 persen dari yang diterima saat ini.

Terkait hal tersebut, Bupati Banjar H. Khalilurrahman yang dikonfirmasi belum lama tadi mengatakan, karena sudah menjadi ketentuan yang dituangkan dalam sebuah Peraturan Pemerintah (PP) akan tetap melaksanakannya. “Karena memang sudah ketentuaanya begitu, ya tentu akan kami laksanakan,” ujarnya.

Kendati diakui Bupati yang akrab dengan sapaan Guru Khalil ini, kondisi keuangan daerah sedang ada pengurangan yang memaksa hampir semua SOPD melakukan penyesuaian-penyesuaian sejumlah rencana kerja.

“Sejumlah rencana kerja yang sudah diprogram terpaksa ditunda karena kondi keuangan daerah saat ini. Tapi kondisi seperti dipastikan tidak hanya terjadi di Kabupaten Banjar, tapi di semua daerah mengalami kondisi sama,” kata Guru Khalil.***

Bagikan berita ini!
Advertisement
Komentar

Headline

Trending Selama Sepekan