Harga Tetap Terpuruk Petani Karet Bertahan - Kanal Kalimantan
Connect with us

Ekonomi

Harga Tetap Terpuruk Petani Karet Bertahan

Pria paro baya itu teraga dari tidurnya. Meski tanpa melihat penanda waktu, Poneran (49) tahu saat itu sudah sekitar pukul 04.00 Wita. Dengan kantuk masih menggelayut di pelupuk mata, ia beranjak dari peraduan sederhana di rumahnya yang juga sederhana di Desa Pingaran Ulu RT 09, Kecamatan Astambul, Banyak yang menyebutnya Desa Gunung Balai.

Bagikan berita ini!

Diterbitkan

pada

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

SESAAT setelah Moncos, begitu ia biasa disapa, beranjak, sang istri Ngatmi, juga terjaga dan bergegas menggiring langkah suaminya menuju dapur. Di dapur, telah siap dua pisau sadap yang sudah diasah sore harinya, berikut dua senter kepala (head light) yang tergeletak di atas meja tak jauh kedua pisau sadap.

Setelah berganti baju dengan seragam kebesarannya –sebuah kemeja lengan panjang lusuh yang sudah dipenuhi bercak hitam, warna khas lateks yang beku dan mengering, meletakkan dua pisau dalam ember, juga senter yang telah melekat di kepala, pasangan suami istri tiga anak ini berangkat menuju kebun karet menggunakan sepeda motor yang juga menuju uzur.

Perlu waktu sekitar 10 menit baginya sampai di kebun yang berjarak sekitar 2 Kilometer dari rumahnya itu. Cahaya senter kepala, menjadi satu-satunya sumber penerang menyusuri jalanan setapak menuju kebun. Itu karena, lampu sepeda motornya sudah lama rusak dan tak pernah diperbaiki.

Sesampainya di kebun, keduanya langsung menuju pohon karet dengan sudah menggenggam pisau di tangan. Mengandalkan cahaya senter, Moncos dan istrinya mulai mengerik kulit pohon karet menggunakan pisau bermata tajam melengkung menyerupai huruf V.

Meski harga karet tak henti terpuruk, namun para petani seperti Moncos tak punya pilihan lain kecuali tetap menyadap sekedar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari | Foto : Rudiyanto

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Bagikan berita ini!
Advertisement
Komentar

Headline

Trending Selama Sepekan