Dana BOS Tak Cair, Sekolah Pakai Anggaran Lawas - Kanal Kalimantan
Connect with us

Pendidikan

Dana BOS Tak Cair, Sekolah Pakai Anggaran Lawas

Diterbitkan

pada

BANJARBARU- Lambatnya pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) periode tri wulan ini menjadi sorotan. Hingga Juli sampai September ini, masih belum ada kejelasan kapan dana BOS itu dicairkan dan disalurkan ke sekolah.

Kepala Sekolah SMAN 1 Banjarbaru, Eko Sanyoto, S.Pd mengatakan, sekolahnya belum menerima jenis bantuan yang diperuntukkan untuk operasional sekolah itu. ”Untuk sementara ini kami masih punya saldo BOS sebelumnya, itu tidak kami habiskan. Karena kami berpikir dana bantuan itu untuk skala prioritas seperti perbaikan lantai-lantai yang rusak atau berlubang, pengecatan. Intinya adalah untuk pembangunan yang ringan-ringan saja. Jadi pengeluaran yang tidak begitu mendesak, dana yang ada jangan kami pergunakan dulu,” ujarnya.

Terkait kapan pencairannya, dia masih menunggu informasi Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan dengan terus melakukan koordinasi. Namun demikian, operasional tetap berjalan seperti biasa merupakan salah satu kepentingan yang harus didahulukan. Misalnya untuk pemenuhan buku-buku pelajaran yang memang telah direkomendasikan oleh pemerintah pusat serta kegiatan-kegiatan siswa lainnya yang menjadi skala prioritas.

Dana BOS yang sudah mereka terima di triwulan sebelumnya, tidak serta merta mereka habiskan begitu saja. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika di triwulan selanjutnya dana BOS itu lambat dicairkan seperti saat ini. Karena untuk tahun ini, dana BOS yang masih tersisa di saldo sekolah tidak dikembalikan ke pusat, melainkan akan diakumulasikan dengan pencairan dana BOS selanjutnya.

”Kami ingin program-program sekolah yang telah direncanakan sebelumnya dapat segera direalisasikan,” kata pria berkacamata ini.

Kepala sekolah yang pernah menjabat Wakasek Kesiswaan di SMAN 3 Banjarbaru ini mengaku tidak mengetahui persis apa penyebab keterlambatan pencairan dana. Namun pihaknya berharap ada kejelasan mengenai pencairan dana BOS dalam waktu dekat ini.

Agar dana BOS itu nantinya tepat sasaran dan dapat direalisasikan dengan baik, Eko menyatakan perlu dibuat perencanaan-perencanaan terlebih dulu sesuai dengan job list-nya dan dibagi per triwulan berdasarkan kebutuhan-kebutuhannya.***

Bagikan berita ini!
Advertisement
Komentar

Headline

Trending Selama Sepekan