Asyiknya Belajar Sains buat Anak-anak - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kanal

Asyiknya Belajar Sains buat Anak-anak

Diterbitkan

pada

BANJARBARU – “Wouw, keren…. balonnya bisa besar sendiri!” teriak anak-anak PAUD Citra Tunas Bangsa, di Jalan A Yani Km 30 Guntung Payung, Banjarbaru, Jumat (8/9/2017). Mereka kegirangan, sekaligus takjub menyaksikan demo sains dengan memanfaatkan barang-barang di rumah untuk anak-anak.

Kegiatan yang menggandeng Fakultas MIPA Universitas Lambung Mangkurat itu dilakukan sebagai upaya mengenalkan dan meningkatkan kecintaan anak-anak terhadap ilmu pengetahuan. “Banyak hal di sekitar kita, di rumah, bisa digunakan untuk pengajaran sains sederhana buat anak-anak,” demikian kata salah seorang dosen FMIPA Dwi Rasy Mujiyanti SSi, MSI, yang membina proyek tersebut bersama sejumlah dosen dan mahasiswa lainnya.

Dia mengatakan, pengenalan sains untuk anak-anak PAUD akan dapat meningkatkan semangat untuk mengenal serta memahani secara ilmiah barang-barang di sekitar. Sehingga akan merangsang daya kognitif anak untuk tumbuh kembang.

“Ini sebenarnya lebih kita tekankan pada orang tua untuk mengajarkan. Makanya dalam hal ini kita melibatkan orangtua murid, agar mereka bisa bermain dengan anak-anak dengan gembira tapi sekaligus ilmiah,” ungkapnya.

Dan terbukti, betapa antusiasnya anak-anak itu bermain sains. Ada beberapa demo yang diajarkan buat orangtua mulai bagaimana membuat balon menggelembung tanpa ditiup, membuat candy rock, membuat slime, membuat play dough, serta permainan gunung berapi.

“Semua bahan yang dipakai adalah barang yang bisa dijumpai di rumah, dapur dan lain-lain. Gak perlu beli mahal-mahal, tetapi memanfaatkan apa yang ada. Dan yang terpenting, aman bagi anak-anak,” jelasnya.
Salah satu yang menarik bagi orangtua dan guru PAUD, adalah cara pembuatan Slime. Dimana banyak yang antusias belajar. “Iya, saya pingin belajar. Daripada anak-anak suka beli mainan model ini, tapi tak terjamin pakai bahan apa yang bisa jadi berbahaya bagi anak. Kalau bisa, nanti saya akan bikin dan malah jualan slime,” kata Mamah Ana, salah seorang orangtua siswa.

Sementara itu, Kepala PAUD CTB Lilis Tiati Nor S.Pd menyambut baik kegiatan tersebut. Dia berharap, adanya kerjasama yang berlanjut antara pihaknya dengan FMIPA ULM untuk mengajarkan sains bagi anak-anak. “Sangat menarik, kita antusias sekali. Dan ini bisa menambah materi pelajaran bagi anak-anak,” katanya.

Bagikan berita ini!
Advertisement
Komentar

Headline

Trending Selama Sepekan