Anggaran Kesehatan Terpangkas Rp 5,2 Miliar - Kanal Kalimantan
Connect with us

HEADLINE

Anggaran Kesehatan Terpangkas Rp 5,2 Miliar

Diterbitkan

pada

MARTAPURA- Imbas pemangkasan Dana Alokasi Khusus (DAK) oleh pemerintah pusat berimbas pada keuangan sejumlah instansi. Dinas Kesehatan pun ikut menjadi korbannya, dimana tahun ini harus pasrah menerima pemotongan dana sebesar Rp 5,2 miliar.
Pada Anggaran 2016 lalu, pemerintah pusat melakukan pemangkasan DAK untuk daerah sebesar 10 persen pada APBN Perubahan. Tak terkecuali untukKabupaten Banjar. Tak hanya DAK, kucuran dana transfer daerah dalam wujud Dana Alokasi Umum (DAU) juga sempat ditangguhkan sejak September 2016.
Dan pada APBN Perubahan 2017 ini, pemerintah pusat kembali mengecilkan kran dana transfer daerah hingga lebih dari 20 persen. Persentasi pengurangan yang sama juga akan dilakukan di Tahun Anggaran 2018.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar Ikhwansyah, tak menampik jika penyesuain anggaran akan berdampak pada sejumlah agenda kerja di lingkup Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang dipimpinnya.
Karena itu menurutnya, ada beberapa rencana kerja yang dinilai belum prioritas terpaksa dihilangkan. “Diprioritaskan program kerja yang memang bersentuhan langsung dengan pelayanan kesehatan. Yang belum prioritas terpaksa dihilangkan, atau setidaknya ditunda,” ujar Ikhwansyah, Kamis (7/9/17).
Disampaikan Ikhwansyah, total anggaran di Dinas Kesehatan sebesar ditetapkan Rp 26 miliar. Dengan penyesuaian sebesar 20 persen tadi, otomatis anggarannya akan berkurang sebesar Rp 5,2 miliar. Termasuk dalam anggaran tersebut, adalah biaya operasional, gaji pegawai, dan puskesmas.
Terkait hal tersebut, sejumlah SOPD terpaksa mencari cara menyiasati agar sejumlah rencana kerja prioritas tak terhambat. “Yang jelas, untuk pelayanan terhadap kesehatan masyarakat tidak akan terdampak, karena itu tetap menjadi prioritas,” tegas Ikhawansyah.

Bagikan berita ini!
Advertisement
Komentar

Headline

Trending Selama Sepekan